Caleg DPR RI Once Mekel Siap Dorong Kesejahteraan Seniman

oleh -
Caleg DPR RI Once Mekel Siap Dorong Kesejahteraan Seniman

JAKARTA,- Mengaku sudah sejak lama memilki ketertarikan dalam bidang politik, akhirnya di Pemilu 2024 musisi Once Mekel memantapkan diri ikut berkontestasi dalam bursa pemilihan calon legislatif (Caleg) DPR RI.

Sebelum dirinya terjun langsung ke dunia politik praktis, Once Mekel rupanya termasuk salah satu publik figur yang mengikuti perkembangan politik dalam negeri dan geopolitik dunia.

Menurutnya, suka atau tidak suka, masyarakat perlu memiliki kesadaran terhadap informasi politik. Lapangan kerja, kesehatan dan pendidikan dalam suatu negara itu dipengaruhi dalam suatu kebijakan pemerintah.

Selama belasan tahun menjalani karir nya sebagai pekerja seni, sudah banyak catatan prestasi yang dicapai dan tak sedikit melewati serta melihat banyak dinamika yang ditemui di industri seni dan musik tanah air.

Hal itulah yang membuat dirinya berkeyakinan melalui jalan politik, bisa memperjuangkan teman-teman pekerja seni musik dan industri seni musik di Indonesia semakin berkembang dan iklim industri musik di tanah air makinterintegrasi.

Lewat partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Once Mekel tercatat pada Pemilu 2024 maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI Dapil DKI Jakarta II (Jakarta selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri) nomor urut 2.

“Sebenarnya saya dari dahulu memang suka politik. Sebab hal-hal mengenai pekerjaan, kesehatan pendidikan dan yang berkaitan dengan itu bergantung pada hal yang dibicarakan dalam policy,” kata Once Mekel di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Maju menjadi calon anggota parlemen di DPR RI, dirinya akan membawa isu yang berhubungan dengan bidang yang digeluti selama ini. Memperjuangkan aturan tentang kesejahteraan seniman, hak cipta karya dan berusaha menintegrasikannya dengan berbagai lini serta pihak terkait.

“Se-integrasi mungkin, supaya enggak jadi aturan, kalau saya bilang, kayak macan ompong,” imbuh Once.

Peduli terhadap pekerja seni di Indonesia, sudah ditunjukan Once Mekel sebelum dirinya terjun ke dunia politik. Ia tercatat sebagai Ketua Departemen Program dan Produksi Musik PAPPRI.

Salah satu program PAPPRI adalah menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk membiayai musisi-musisi bertalenta dalam menempuh pendidikan formal.

Pada tahun 2023, Once menjadi Ketua Pelaksana Konser Bersratus. Konser akbar yang digelar untuk merayakan Hari Musik Nasional itu adalah hasil kolaborasi Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) bersama Don Sistem Suara (DSS) dan Kibordis Untuk Bangsa Indonesia (KUBi). Menghadirkan 100 penyanyi dan 100 keyboardis di Lippo Mall Kemang pada tanggal 18 Maret 2023.*

( Hans Montolalu )

Comments

comments