Berikan Pembinaan Administrasi Ketua TP PKK Sosialisasikan UHC

oleh -
Administrasi

Semarang – Administrasi merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Namun demikian banyak organisasi yang bergerak dengan efektif tanpa adanya administrasi yang baik. Sebenarnya administrasi yang baik tidak hanya mengukur tingkat kemajuan yang dicapai oleh organisasi dalam kurun waktu tertentu. Namun juga menjadi rujukan dalam memahami perjalanan atau sejarah sebuah organisasi. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi dalam pembinaan administrasi PKK Kecamatan Tembalang Semarang kemarin sore (02/11) di Aula Kecamatan Tembalang Semarang.

Menurut Tia (nama sapaan Krisseptiana) administrasi berfungsi untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijakan organisasi secara umum. Istri Walikota Semarang tersebut menghimbau untuk ikut turun secara langsung melihat realitas yang ada di tengah masyarakat tanpa mengabaikan administrasi, “PKK harus bisa menyentuh hati perempuan dan anak dengan mengupayakan kebutuhan dasar anak dan perempuan. Seperti kebutuhan akan pangan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya” Kata Tia.

Dalam kesempatan tersebut Tia juga menerangkan penanganan kasus DBD dan mensosialisasikan program Universal Health Coverage (UHC) di-launching oleh walikota Semarang pada Rabu lalu (25/10) di RSUD Ketileng. UHC merupakan kerja sama Pemkot Semarang dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diperuntukkan seluruh masyarakat Kota Semarang. Tidak terbatas pada warga miskin. Untuk persyaratannya hanya menyertakan salinan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Semarang dan bersedia mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di puskesmas dan layanan RS kelas III. Pemerintah maupun swasta.

“Semua warga kota semarang berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis dengan catatan kelas tiga” Kata Tia lanjut menerangkan. “Tidak pedulli itu kaya atau miskin semua bisa daftar ke DKK atau puskesmas yang ditunjuk. Informasi lebih detail bisa ditanyakan ke Dinas Kesehatan. Monggo semua bisa daftar gratis. Program ini harus tersosialisasikan dengan dengan baik” Tegasnya.

Hadir memberikan sambutan, Camat Tembalang Heroe Sukendar mengingatkanpencegahan DBD (Demam Berdarah Dengue) dengan memperhatikan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara rutin, mendeteksi dini kanker serviks dengan test IVA (Inspeksi Visual Asetat) memperhatikan kesehatan dan gisi ibu hamil dan janin untuk menekan AKI (Angka Kematian Ibu) dan sebagainya.

Comments

comments