Pilkada Kota Banjar Diikuti Dua Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota

oleh

Banjar, ( SI ) – Sejak dibukanya pendaftaran Bakal Pasangan Calon ( Bapaslon ) Walikota dan Wakil Walikota Banjar, dalam pilkada serentak tahun 2018, hanya ada dua Bapaslon yang mendaftar ke kantor KPU Kota Banjar, Rabu ( 10/01/2018 ).

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis menerangkan, hari ini kita hanya menerima dan menyatakan dokumen yang diserahkan sudah lengkap, sesuai dengan ketentuan yang ada di PKPU, terangnya.

Lebih lanjut Dani menjelaskan, Bapaslon yang mendaftar hanya ada dua Pasangan calon, kemarin satu pasangan dan sekarang satu pasangan, kita akan menunggu sampai batas waktu yaitu sampai jam 24.00, jelasnya.

Dani menambahkan, sampai detik ini tidak ada informasi ada bakal Pasangan calon lagi yang akan mendaftar, kecuali yang kemarin melengkapi syarat calon, untuk bakal pasangan calon yakni atas nama bapak Haji Maman Suryaman dan Ibu Hajjah Irma Bastaman.

“Dilihat dari isi kursi, tidak memungkinkan ada satu pasang calon lagi yang mendaftar, karena yang tersisa hanya satu partai lagi yang kalau tidak salah jumlah kursinya ada 3 kursi” tambahnya Dani.

Dani menandaskan, “jadi saya kira kalau dilihat dari komposisi itu kemungkinan tidak ada lagi pendaftar, tapi kita akan tunggu karena ini sesuai dengan peraturan dan ketentuan kita harus menunggu sampai jam 24.00, barangkali nanti ada pasangan calon yang akan mendaftar, kalau dilihat sampai hari ini, sampai jam ini saya kira hanya baru dua Pasangan calon yang sudah mendaftar dan menyerahkan dokumen, ujarnya.

Selanjutnya, sesuai keputusan KPU Nomer 231 bahwa tahapan setelah pendaftaran adalah pemeriksaan kesehatan untuk seluruh bakal Pasangan calon, “Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di rumah sakit tipe A, karena di Jawa Barat tipe A hanya di RSHS, Jadi besok dari 13 kabupaten kota malam ini seluruh pasangan calon berangkat ke RSHS, karena jam 07.00 akan ada pengarahan dari KPU Jawa Barat, kemudian dilakukan tes urine dilakukan sampel darah, tapi Kota Banjar tanggal 14 untuk pemeriksaan kesehatan, jelas Dani.

Dani menambahkan, karena ada dua Pasangan calon yang mendaftar, kemudian nanti kita tinggal masuk pada tahapan berikutnya, yaitu penetapan Pasangan calon yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Februari, tambahnya.

Dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kota Banjar yaitu pasangan Maman Suryaman dan Irma Bastaman yang diusung oleh PAN, DEMOKRAT, PKS, PPP, HANURA, dan mendapat dukungan dari partai non parlemen diantaranya Perindo, Partai Berkarya, Partai Idaman, Partai Garuda, PSI, Nasdem, PBB.

Pasangan lainnya adalah pasangan Ade Uu Sukaesih dan Nana Suryana (Asih Saenyana) yang diusung oleh Partai Golkar, PDIP dan PKB. [Herman]

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis menerangkan bahwa Pulkada di Kota Banjar diikuti oleh dua pasangan bakal calon walikota, Rabu (10/1/2018)
Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis

Comments

comments