Warga Desak Pembangunan Ruas Jalan Sukajadi Kertahayu Ciamis Menjadi Skala Prioritas

oleh -
Warga Desak Pembangunan Ruas Jalan Sukajadi Kertahayu Ciamis Menjadi Skala Prioritas

CIAMIS, (SI) — Jalan Sukajadi Desa Kertahayu adalah akses jalan yang menghubungkan dua desa yakni Desa Kertahayu dan Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jalan tersebut saat ini kondisinya rusak dan gorong – gorongnya pun amblas sekitar 50 cm.

Eli, Ketua RT 35 Dusun Kertaharja mengatakan, terjadinya amblasnya jalan tersebut berawal akibat genangan air hujan dan karena sudah terlalu lama belum ada pembangunan.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melaporkannya kepada pihak Pemerintah Desa Kertahayu melalui Kepala Dusun.

Sementara itu Alfian Triasmoro salah satu warga Desa Sidaharja mengatakan, ruas jalan Sukajadi Kertahayu merupakan satu-satunya akses jalan yang digunakan oleh masyarakat di dua desa untuk melakukan kegiatan sehari hari, baik itu kegiatan pemerintahan, ekonomi maupun pendidikan.

Ruas jalan Sukajadi Kertahayu merupakan jalan utama menuju pusat pemerintahan Kecamatan Pamarican maupun Kabupaten Ciamis, pusat perekonomian yaitu menuju Pasar Pamarican, Pasar Banjarsari dan Pasar Banjar, bahkan menuju pusat pendidikan baik yang ada di wilayah Pamarican itu sendiri maupun yang ada di daerah lain diantaranya Banjarsari dan Banjar.

“Maka dari itu, kami selaku masyarakat memohon kepada bapak bupati melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut, supaya aktivitas masyarakat menjadi lancar dan tidak menimbulkan kecelakaan,” pintanya.

“Kami memahami ditengah pandemi covid 19 banyak anggaran yang di refocusing, dampaknya banyak kegiatan pembangunan yang tidak terealisasi di tahun 2020 ini, tapi dengan kondisi jalan yang berlubang dan sangat berbahaya bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat yang dapat menimbulkan kecelakaan, maka kami selaku masyarakat sangat berharap perbaikan jalan ini menjadi skala prioritas”, pungkas Alfian Triasmoro, Selasa (15/6/2020).

Hari yang sama, Yari Budiana Kepala Desa Kertahayu, menjelaskan, pihaknya telah menerima laporan terkait amblasnya gorong – gorong di Dusun Kertaharja tersebut dan sudah melaporkannya kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Awalnya, menurut informasi pembangunan ruas jalan Sukajadi akan dilaksanakan tahun 2020 ini, berhubungan adanya pandemi Covid-19, kemungkinan tidak jadi dilaksanakan tahun ini”, pungkasnya.

[Man]

Comments

comments