Siapa Calon Kuat Kabareskrim Pengganti Komjen Anang

oleh
Siapa Calon Kuat Kabareskrim Pengganti Komjen Anang

Siapa Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri yang akan menggantikan Komjen Anang Iskandar belum terjawab. Sejumlah nama beredar disebut sebagai calon Kabareskrim.

Awalnya, ada empat nama yang beredar dan disebut cocok menggantikan Komjen Anang. Mereka adalah Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto, Gubernur Akpol Irjen Anas Yusuf, dan Kalemdikpol Komjen Syafruddin.

Namun menjelang akhir bulan ini, beredar nama Irjen Ari Dono Sukmanto yang dikabarkan akan menggantikan Komjen Anang. Ari Dono yang merupakan Akpol ’86 saat ini menjabat Wakabareskrim.

Komjen Anang sendiri mengatakan telah menyiapkan diri untuk pensiun. Anang pensiun akhir bulan ini.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti sebelumnya menegaskan, pihaknya telah menyiapkan empat hingga lima nama Jenderal yang akan menjabat Kabareskrim baru.

Badrodin memaparkan, lima nama itu adalah orang-orang yang punya kompetensi di bidang reskrim dan berpengalaman di penyidikan. Badrodin menyebut dalam pekan ini nama-nama itu diajukan ke Presiden Jokowi dan akan ada keputusan siapa Jenderal yang menjadi Kabareskrim.

Kira-kira, apakah dalam proses seleksi Kabareskrim itu angkatan lulusan tahun Akpol juga menjadi pertimbangan?

“Kita kan ada proses wanjakti, dari proses wanjakti itu kita ajukan ke Presiden. Kalau Presiden setuju ya kita, tapi kalau Presiden tidak setuju ya bisa bisa (digodok ulang lagi),” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/5/2016).

Hingga hari ini, Kamis (26/5/2016), Polri yang dikonfirmasi mengatakan belum ada Telegram Rahasia (TR) Kapolri tentang penunjukan Kabareskrim Baru.

“Belum ada mas,” kata Kabag Penum Polri Kombes Suharsoso dalam pesan singkatnya.

(idh/dnu)

Comments

comments