Satgas TMMD Ke-107 Bangun Pos Kamling Untuk Tingkatkan Keamanan Wilayah

oleh -
Satgas TMMD Ke-107 Bangun Pos Kamling Untuk Tingkatkan Keamanan Wilayah

Cianjur,- Untuk menjaga dan meningkatkan keamanan wilayah, Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -107 Kodim 0608/Cianjur, membangun Pos Keamanan Lingkungan atau Pos Kamling di lokasi yang dianggap strategis.

Pos Kamling yang dibangun tersebut di berada di sebelah masjid yang menjadi sasaran rehab Satgas TMMD ke-107 di Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Kamis (26/3/2020).

“TMMD kali ini, Satgas membangun Poskamling sebagai sarana tambahan di Desa Lapri,” kata Dansatgas TMMD ke 107, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, SE, M. Han.

Menurutnya, tujuan pembangunan Poskamling tersebut untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar desa yang kerap dijadikan sasaran pencurian.

“Dengan mengaktifkan kembali ronda ataupun patroli malam, secara tidak langsung masyarakat akan terdidik untuk melaksanakan pengamanan kampungnya sendiri secara swakarsa dan mandiri,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat mulai dari Kepala Desa, Ketua RT maupun warga untuk sama-sama ikut peduli terhadap keamanan wilayah. Harapannya, setiap permasalahan yang terjadi khususnya terkait dengan Kamtibmas dapat terdeteksi dengan cepat dan dilaporkan kepada pihak yang berwajib jika tidak bisa diselesaikan.

“Saat ini bentuk bangunan Poskamling sudah mulai terlihat dan dipastikan sebelum penutupan TMMD ini, bangunan sudah siap digunakan masyarakat,” ujarnya.

Disela Kesibukan Kegiatan TMMD, Prajurit Mengajar Anak-Anak

Hampir sepekan sudah pelaksanaan TMMD ke-107 di wilayah Kodim 0608/Cianjur dilaksanakan. Tampak dengan jelas, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD berjibaku mengerahkan segala kemampuannya untuk merampungkan proyek sasaran kegiatan.

Tujuannya, untuk menciptakan sebuah hasil kinerja dalam ranah pengabdian pada rakyat guna meningkatkan taraf hidup dari segala sisi melalui program TMMD tersebut.

Mereka terus bekerja menyelesaikan kegiatan sesuai tenggang waktu yang sudah ditentukan, harus mengindahkan lelah dan penat dibalik cuaca yang tidak menentu di titik pusat pelaksanaan TMMD di Desa Mekarmulya ini.

Panas, dingin dan terik matahari tak menjadi alasan bagi Satgas TMMD untuk menunda pengabdiannya. Bahkan, keringat akibat terik matahari menetes dari kening Satgas TMMD membasahi tubuh mereka serta pondasi jalan yang mereka kerjakan.

Namun, disela kegiatan tersebut para prajurit juga berkesempatan melakukan kegiatan mengajari anak-anak di lokasi TMMD. Kesibukan tersebut bagi mereka tak jadi penghalang untuk berbakti kepada rakyatnya, apalagi untuk mengajari anak-anak belajar disela libur sekolah.

Dengan ketulusan hati yang paling dalam untuk sebuah pengabdian kepada masyarakat, kebersamaan antara TNI dan anak-anak menciptakan suasana santai saat mereka sedang belajar.

Apalagi, saat ini selama dua pekan lamanya anak-anak sekolah diliburkan dan belajar dirumah, akibat adanya ancaman virus corona (Covid-19). Sehingga, pemerintah pusat maupun daerah meliburkan siswa mulai dari Paud hingga perkuliahan, untuk para siswa dan mahasiswa berada di rumah.

“Sambil mengisi sela waktu anak-anak di lokasi TMMD, kami ajak mereka belajar dan bermain bersama. Bahkan, disela belajar itu, begitu semangatnya adik-adik dalam belajar. Bahkan, mereka malah terlihat santai dan nyaman dengan kami (TNI),” ujar Danramil 08-02/Warungkondang Kapten Inf Frederikus Teda, saat mengajari anak-anak di lokasi TMMD di Desa Mekarmulya. (Pendam III/Siliwangi)

Comments

comments