Satgas Citarum Sektor 21 Sub 08 Bersihkan Tanaman Liar Di Sungai Cilisung

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 08 Bersihkan Tanaman Liar Di Sungai Cilisung

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Mengantisipasi hambatan di aliran sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 08 bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat korve rutin turun ke badan air untuk mengangkat sampah dan tanaman liar.

Seperti yang dilakukan pada hari, Minggu (29/11/2020), anggota Satgas selepas apel pengecekan personel menuju ke aliran Sungai Cilisung yang merupakan anak Sungai Ciranjeng yang melintas di RT 4 RW 8 Kampung Sekeawi dan RT 3 RW 12 Cicangkudu, Desa Sukamukti.

“Kami saat ini korve membersihkan aliran Sungai Cilisung di Desa Sukamukti. Membabat rumput DAS Cicangkudu sepanjang kurang lebih 80 meter,” kata Sertu Samsudin.

Dijelaskan oleh Sertu Samsudin bahwa tanaman liar yang tumbuh di bantaran sungai tersebut cukup mengganggu, karena berpotensi menyempitnya lebar sungai dan mengangkutnya sampah.

“Ya, tanaman liar yang tumbuh liar hingga ke aliran sungai itu berpotensi penyempitan lebar sungai yang menghambat aliran air,” ujarnya.

Usai korve, kondisi aliran sungai Cilisung tampak lebih ‘terbuka’.

Kegiatan dilanjutkan dengan ishoma dan patroli. Kemudian komunikasi sosial (komsos) kepada warga masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai.

“Anggota satgas usai giat pembersihan sungai dan patroli, melaksanakan komsos ke rumah warga dan bertemu warga di tempat umum. Kami mengajak warga terutama di wilayah Desa Sukamukti dan Desa Bojong Kunci, Kecamatan Ketapang agar peduli kebersihan sungai,” pungkas Sertu Samsudin.

Comments

comments