Reskrim Polres Cirebon Kota Polda Jabar Bekuk Kawanan Pelaku Curanmor

oleh -
Reskrim Polres Cirebon Kota Polda Jabar Bekuk Pelaku Curanmor

CIREBON,- Jajaran Sat Reskrim Polres Cirebon Kota Polda Jabar berhasil membekuk kawanan pencuri kendaraan bermotor (curanmor) yang sekurangnya telah beropersi di 10 TKP (Tempat Kejadian Perkara) di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar AKBP Imron Ermawan, S.H, S.I.K, M.H., pada saat memimpin jalannya konferensi pers di Mako Polres Cirebon Kota Polda Jabar, Selasa (2/03/2021).

“Para pelaku ini melakukan aksinya dengan cara merusak pagar rumah lalu masuk dan kemudian merusak kunci kontak sepeda motor dengan menggunakan kunci leter T milik para pelaku. Modus yang dilakukan oleh para pelaku pencurian dengan pemberatan ini,” ungkap Kapolres.

Korbannya adalah AW dan PN, di mana kedua korban ini melaporkan kepada Satreskrim Polres Cirebon Kota Polda Jabar yang mana telah kehilangan 1 unit sepeda motor Yamaha Vixion no.pol E-3491-IL, selain itu juga melaporkan kehilangan 1 buah unit sepeda motor Honda CBR no.pol A-5739-RW.

Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar lebih lanjut menjelaskan bahwa para pelaku yang saat ini diamankan yaitu inisial SP alias KN (20), NA alias AK (23), PR alias AT, (24),ketiganya warga Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Sementara itu untuk pelaku MD alias NL dan KP masih buron dan masuk Daftar Percarian Orang (DPO).

Dari hasil penyelidikan, barang bukti yang berhasil di sita yaitu 1 buah unit sepeda motor Yamaha Vixion nopol E-3491-IL. Satu unit sepeda motor Honda CBR nopol A-5739-NW, 1 buah sepeda motor Honda Beat warna putih dan 1 buah kunci leter T serta 3 buah anak kunci.

Masih menurut Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar, kronologis penangkapan yaitu pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021 sekira jam 20.00 WIB. Berdasarkan informasi telah diketahui tentang keberadaan pelaku sedang berada di kediamannya masing-masing. Kemudian timsus Polres Cirebon Kota langsung menuju kediaman pelaku untuk proses penangkapan. Namun saat akan dibekuk, para pelaku melakukan perlawanan dan membahayakan keamanan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur. Selanjutnya para pelaku berikut barang bukti dibawa ke kantor Sat Reskrim Polres Cirebon Kota Polda Jabar guna proses lebih lanjut.

Hasil pengembangan yang dilakukan pihak kepolisian, para tersangka ini telah melakukan setidaknya di 10 TKP di wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Diantaranya TKP rumah kost Ajo, Jalan Saleh, Kota Cirebon, tahun 2020 di belakang Hotel Metland, ada juga TKP Jalan Suratno ( bekas guest house Sejahtera). Juga TKP Perumahan Kucuk TKP Gunung Jati, TKP Gunung Jati pinggir jalan, TKP Pasar Celancang dan TKP rumah di jalan Saleh.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago, S.I.K., M.Si., menambahkan pada kesempatan terpisah bahwa para tersangka ini terancam hukuman selama-lamanya 7 tahun penjara.

“Para tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun,” tegasnya.****

Comments

comments