Pemerintah Desa Sindangpakuon Dan Tokoh Masyarakat Kompak Penanganan dan Penanggulangan Covid-19

oleh -
Pemerintah Desa Sindangpakuon Dan Tokoh Masyarakat Kompak Penanganan dan Penanggulangan Covid-19

SUMEDANG,- Melonjaknya kasus aktif Covid-19 pasca libur Lebaran di tanah air, membuat pemerintah mulai dari pusat hingga ke tingkat desa bersama komponen masyarakat melakukan langkah-langkah antisipasi, termasuk juga di Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

“Selalu ada himbauan dan diarahkan kepada ke semua RW, RT dan Kepala Dusun, dalam rangka mengantisipasi Covid-19. Termasuk pembentukan posko Satgas Covid-19,” kata Kepala Desa Sindangpakuon, Yudi Hamdansyah, kepada pewarta beberapa waktu lalu.

Himbauan tersebut ditujukan juga kepada kelompok swadaya masyarakat yang sedang mengerjakan pembangunan sarana TPS3R dan Sanimas Citarum Harum.

Ketua BPD Desa Sindangpakuon, Yanto Rahman, menyatakan bahwa selama ini dalam penanganan warga di desanya yang terkonfirmasi Covid-19 mendapat perhatian dari pemerintah desa, sesuai dengan progress dan aturan, termasuk sosialisasi dan edukasi prokes (protokol kesehatan) kepada warga di berbagai kesempatan bersama aparatur kewilayahan seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Pemerintah Desa Sindangpakuon memberikan bantuan kepada warga terkonfirmasi. Diantaranya bahan pokok kepada warga yang menjalani isoman (isolasi mandiri), dan bekerjasama dengan Puskesmas untuk monitoringnya,” kata Yanto, Senin (12/7/2021).

Pengurus BPD Desa Sindangpakuon turut mendampingi penyerahan bantuan kepada warga yang sedang menjalani isoman.

Dijelaskannya, selama ini koordinasi dan komunikasi antara pengurus RT, RW, Kepala Dusun, dan Pemerintah Desa berjalan dengan lancar.

“Penanganan masalah Covid-19 ini laporannya ke RT, RW, kemudian kepala dusun lalu ke desa,” jelasnya.

Yanto mengungkapkan, bantuan yang diberikan kepada warga yang sedang isoman tersebut, diantar oleh aparat desa didampingi oleh BPD, RT/RW, dan kader desa.

“Kemarin kita baru antarkan bantuan kepada keluarga yang sedang isoman, sekaligus memberikan semangat dan motivasi,” ujar Yanto.

Ia juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk memberikan bantuan moril dan sosial kepada warga yang terpapar Covid-19.

“Penyakit ini bukan aib, jadi harapan kami masyarakat bisa menerima dan membantu warga yang menderita Covid-19 agar semangat sembuh dan menjalani aktifitasnya kembali. Juga bagi warga yang sekiranya merasakan gejala, agar tidak takut untuk melaporkan atau memeriksakan diri,” harap Yanto sambil mengingatkan dan mengimbau warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat.

Desa Sindangpakuon sendiri merupakan salasatu daerah yang cukup padat penduduknya di Kecamatan Cimanggung, yang kini masuk pada zona yang beresiko tinggi. Mata pencaharian penduduknya pun beragam, antaralain petani, karyawan, pegawai, pedagang dan wiraswasta.****

Comments

comments