Pemdes Kujangsari Banjar, Pengembangan Sektor UMKM Jadi Prioritas

oleh -

KOTA BANJAR, (SI) — Peran pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat strategis bagi roda perekonomian masyarakat. Pasalnya, sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja dan terbukti mampu meningkatkan potensi budaya dan pariwisata.

Terkait dengan itu, Pemerintah Desa Kujangsari (Pemdes Kujangsari) selain melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan sebagai penunjang, juga menjadikan pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pertanian menjadi salah satu program prioritas.

“Melalui program pemberdayaan masyarakat, Pemdes Kujangsari memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM”, ucap Kepala Desa melalui Aris Soemantri Sekdes Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (13/11/2020).

Lanjutnya kata dia, kita membuat kelompok – kelompok pelaku UMKM disetiap RW selain memberikan pelatihan dan pembinaan, para pelaku UMKM juga kami berikan bantuan berupa alat sesuai bidang usahanya.

Terkait pemasaran produk, ia menjelaskan bahwa para pelaku UMKM Desa Kujangsari untuk pemasaran hasil produksinya tidak mengalami kesulitan, karena saat ini untuk pamasaran dilakukan sendiri oleh para pelaku UMKM.

“Untuk kedepannya, pemasaran produk UMKM Desa Kujangsari akan kita pasarkan melalui BUMDESMART, hasil produk tersebut akan kita beli melalui BUMDES”, jelasnya.

Ia berharap, sektor UMKM dan pertanian bisa menjadi penyerap tenaga kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19. (Man)

Pemdes Kujangsari Banjar, Pengembangan Sektor UMKM Jadi Prioritas
Aris Soemantri, Sekdes Kujangsari.

Comments

comments