Musisi Nissan Fortz Enggan Berdiam Diri Di Masa Pandemi, Persembahkan Pertunjukan 7 Ke 8 Bersama Anime String Quintet

oleh -
Musisi Nissan Fortz Enggan Berdiam Diri Di Masa Pandemi, Gelar Pertunjukan 7 Ke 8 Bersama Anime String Quintet

BANDUNG, sorotindonesia.com,- Nissan Fortz, musisi kenamaan asal Bandung yang pakem pada eksplorasi senar gitarnya sekaligus pemilik vocal berat yang khas, gelar pertunjukan #7ke8 yang disebutnya sebagai format musik terbaru new normal.

Menggunakan konsep iringan musik gesek dari Anime String Quintet, Nissan Fortz berhasil membawakan lagunya yang antara lain lagu Cahaya yang digubahnya sekitar akhir 2018 lalu, dengan begitu apik dan asik untuk dinikmati. Terlebih lagi pertunjukan tersebut diambil waktu malam hari ditengah kerindangan alam.

“Mungkin masa pandemi bagi sebagian orang adalah masa ketakutan ataupun berlomba bahkan bertahan,” kata Nissan Fortz pada pesan singkatnya, Sabtu (12/9/2020).

“Tapi masa pandemi ini, bagi saya adalah masa transisi kreatif,” tambahnya, sebagai salasatu alasan gelaran konser 7 ke 8.

“Selamat menikmati format musik terbaru #newnormal dari saya dan Anime string Quintet, yang diselaraskan dalam sebuah pertunjukan #7ke8,” tandas Nissan Fortz.

Apa sih pertunjukan 7ke8 itu? Hal itu dijelaskan dalam deskripsi video di kanal YouTube yang baru-baru diunggahnya, “7 ke 8 adalah pertunjukan bunyi yang bermuara dari pemikiran sederhana tentang perpindahan bulan (dari Agustus ke September),” tulisnya.

“Terminologi ini sendiri lahir dari momentum dan diksi Music by accident yang dalam hal ini selalu memacu diri dan sekitarnya, utamanya bagi jalan musical seorang Nissan Fortz dalam mengarungi keresahan berkeseniannya,” demikian penjelasannya.

Menjadi menarik, apa yang dimaksudkannya Music by accident? Dalam deskripsi video terjawab, “Insiden yang di maksud itu adalah harus tertundanya peluncuraan mini album terbaru Nissan Fortz. Kegagalan ini lantas memunculkan ide dan gagasan baru. Alih-alih ia terpuruk atau stagnan dalam situasi berdiam diri, Nissan Fortz justru melapangkan tragedinya ini kepada musikus satu kotanya, Zaki 4Peniti. Gayung bersambut, pertemuan ke duanya lantas memuntahkan pertunjukan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya”.

Konser 7ke8 dalam hematnya merupakan ruang ekspresi visual dan ekslusif dari Nissan Fortz dalam mempertontonkan karya-karyanya selama ini. Ruang yang kemudian ia eksplorasi bersama ragam suara yang berlatar dari kelompok gesek kesohor bernama Anime string Quintet arahan Dorry Windhu Sanjaya.

Kesenduaan dan bisikan-bisikan optimisme adalah apa yang terdengar sepanjang sajian 7 ke 8. Bukalah cakrawala dan indera perasa anda, karena di titik-titik itulah anda akan sangat mengerti apa itu 7 ke 8 dan apa itu “perpindahan” sesungguhnya yang di maksud Nissan Fortz!

Penasaran? Bisa langsung dinikmati pertunjukannya di kanal YouTube Nissan Fortz yang lokasi pengambilan gambarnya di Rumah Kebon Cengkeh / IJI sociopetal space.

Komposisi Anime String Quintet:

Ahmad Ramadhan (Violin l)
Fitrah Ramdhan (Violin ll)
Angga Adhitya (Viola)
Robby Subarja (Cello)
Dicki Meliana S (Double Bass)

Diarahkan oleh Dorry Windhu Sanjaya.

Support System dan Engineer:
Tiga Negeri Music
TMI Pro
Wawan Setiawan (Sound Engineer)
Tiga Negeri Music Crew
Turbosound
Behringer

Visual/ Videografer:
Chromatic Film

Show Director:
Zaki Peniti

Artistik/ Lighting:
Ensemble Tikoro

Photography: Hyena Studios

Comments

comments