Menyeramkan, Petak Umpet Minako Hadir di Bioskop Indonesia

oleh -

BANDUNG – Lagi, film horror yang mengambil cerita asal dari negeri Jepang hadir di Indonesia, kali ini tentang sebuah boneka arwah yang diberi nama Minako.

“Film ini diangkat dari permainan urban Jepang hitori kakurenbo,” ungkap Herry Chan, salaseorang pemeran dalam film Petak Umpet Minako yang memainkan karakter Poltak, saat gelaran press screening di Fifteen Cafe Jl. Sumatera No. 15, Kota Bandung, Jumat (8/9/2017).

Sebelum melanjutkan langkah ke Studio Empire XXI untuk nonton bareng, Herry Chan yang datang didampingi oleh aktris Tia Muller, pemeran Happy dalam film tersebut yang berkarakter pecicilan dan suka nge-bully, menjelaskan bahwa dalam film Petak Umpet Minako tersebut horror-nya bukan dari bonekanya saja, tapi juga thriller. “Di film ini ada drama, psychology thriller dan horror,” ujar Tia.

Sutradara Billy Christian pada penggarapan film ini memilih beberapa lokasi shooting yang dikenal angker, diantaranya di bangunan tua daerah Senen, Jakarta. “Hans Hosman yang memerankan Kaisar bahkan sempat terkunci di salah satu ruangan yang dipakai untuk wardrobe, dan sinyal hape hilang,” jelas Herry Chan saat menceritakan keanehan disaat shooting. “Termasuk ada foto yang masuk ke WAG yang isinya ada sosok seperti penampakan,” imbuhnya.

Yang beda di film ini, Herry Chan yang biasanya dikesempatan lain berperan kocak, di film Petak Umpet Minako ini justru memainkan peran yang “serius”, dan berakhir menjadi Penjaga, mirip zombie. “Saya menikmati peran di film ini, setelah melewati proses casting yang ketat,” aku Herry.

Sedangkan bagi Tia Muller, ini peran pertamanya bermain di film yang bergenre horror.

Seperti halnya di film horror barat seperti The Conjuring 2 yang menampilkan sosok Valak, di Petak Umpet Minako boneka berhantu, pemeran hantu Minako di film ini (Cindy Valery) tidak akan kita lihat wajahnya selama dalam film.

Pesan yang ingin disampaikan dalam film ini, adalah tentang persahabatan yang bisa terpecah gegara ego masing-masing yang muncul. Dan peran yang dimainkan oleh Nicky Tirta (Randy) yang bikin geregetan.

Film yang berdurasi sekitar 85 menit tersebut akan menawarkan ketegangan semenjak dari awal sampai akhir, dengan potongan-potongan cerita flashback, sehingga penonton tidak bisa langsung menebak dengan mudah alur ceritanya, karena akan terselip kejutan-kejutan yang tidak diduga sebelumnya.

Petak Umpet Minako, Kisah Persahabatan Berujung Tragis

Awal dari cerita film Petak Umpet Minako dimulai ketika ada kegiatan sekumpulan muda mudi, semacam reuni dari alumni salasatu SMA.

Diacara itu semua bergembira karena telah sekian lama tentunya tidak saling bersua. Namun ada Vindha (Regina Rengganis), yang ikut hadir dalam acara tersebut dan dulunya sering diolok dan dibully oleh gank Mami (Natasha Gott) dan Happy (Tia Muller). Happy diacara itu kembali mengolok Vindha dengan kisahnya semasa SMA.

Sedangkan Gaby (Wendy Wilson) tampak gelisah karena Baron (Miller Khan) kekasihnya belum juga hadir ke acara tersebut dan berulang kali dicoba oleh Gaby untuk meneleponnya. Baron malam hari itu diceritakan masih sibuk dengan pekerjaannya.

Vindha yang malam itu merasa sedang di bully, mengajak teman-temannya kembali ke gedung sekolah mereka dahulu untuk mengenang, dan usulan Vindha ini disetujui oleh teman-temannya. Gaby yang masih menunggu Baron akhirnya memutuskan untuk ikut, dan mengabari Baron untuk menyusul ke sekolah.

Sesampainya mereka disekolah, kemudian Vindha mengusulkan permainan petak umpet dengan melibatkan boneka Minako, permainan yang Vindha ketahui kala ia mempunyai kawan di Jepang.

Teman-teman Vindha awalnya menganggap usulan aneh dari Vindha ini sebagai lelucon. Tapi akhirnya disepakati oleh Mami dan yang lainnya.

Vindha kemudian mengeluarkan boneka Minako, lalu menjelaskan aturan permainannya dan memotong bagian tengah boneka itu dan diisi dengan beras. Vindha selanjutnya meminta sedikit potongan bagian tubuh seperti kuku atau rambut temannya yang ikut menjadi peserta permainan petak umpet, tapi tiba-tiba Vindha usul menggunakan darah. Dan lagi-lagi usulan ini diterima oleh Mami dan kawan-kawan, walau masih dengan gaya menganggap remeh permainan.

Tidak lama setelah itu Vindha memulai ritual permainan dan memasukan boneka Minako ke dalam kolam berair diikuti dengan mengucapkan mantera.

Alhasil, kejadian teror boneka arwah Petak Umpet Minako di film inipun dimulai. Suasana reuni yang tadinya riang gembira berubah menjadi mencekam, menegangkan dan tragis.

Setelah adegan tersebut, diselingi adegan “loncat” Baron muncul ke gedung sekolah dan mencari Gaby. Alur flasback disajikan selanjutnya dari film garapan Billy Christian ini.

Bergenre Survival Horror, Petak Umpet Minako menarik untuk ditonton. Sosok mengerikan bisa kita lihat kala muncul sosok penjaga, selain di adegan psychology thriller yang kental.

Bagaimana akhir dari cerita ini? Penikmat film horror bisa menemukannya di bioskop XXI yang telah ditayangkan serentak sejak tanggal 7 September 2017 kemarin. (*)

Vindha (Regina Rengganis) di salah satu adegan di film Petak Umpet Minako
Foto : Vindha (Regina Rengganis) saat memperkenalkan boneka Minako kepada teman-temannya.

Comments

comments