Kompak Hadapi Pandemi, RW 03 Desa Cihanjuang Nol Kasus Covid-19

oleh -
Kompak Hadapi Pandemi, RW 03 Desa Cihanjuang Nol Kasus Covid-19

SUMEDANG – Pandemi global Covid-19 yang turut melanda tanah air, tidak terkecuali di Kabupaten Sumedang, membuat pemerintah dan seluruh komponen masyarakat melakukan langkah-langkah antisipasi.

Salasatunya adalah warga masyarakat di RW 03 Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, yang dihuni oleh sekitar 447 KK yang terbagi menjadi 3 RT.

Alhamdulillah, dari awal adanya pandemi ini, kasus positif Covid-19 di wilayah kami nol,” kata Ketua RW 03 Desa Cihanjuang, Adom (60) selaku bagian gugus tugas Covid-19, (25/11/2021).

Langkah-langkah antisipasi yang dilakukan, terang Adom, adalah membangun komunikasi dengan warga masyarakat dan koordinasi intens dengan pihak pemerintah desa serta aparat terkait.

“Partisipasi lapisan masyarakat di RW 03 ini, alhamdulillah, kompak dan taat dengan instruksi yang diarahkan oleh pemerintah, yaitu protokol kesehatan 3M (memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak),” terangnya.

“Sinergi dengan seluruh pihak terkait seperti dengan desa, kecamatan, kader PKK, pemuda, hingga pengurus RT juga terus kita laksanakan,” tambah Adom.

Kekompakan ini juga ditunjukan dengan kegiatan pembagian masker oleh pemuda setempat kepada warga pengguna jalan lainnya yang tidak menggunakan masker, juga kegiatan penyemprotan disinfektan. Selain itu, hampir tiap minggu warga RW 03 mengadakan kegiatan Jumsih (Jumat Bersih), yakni membersihkan lingkungan sebagai wujud penerapan PHBS.

Menjaga agar kampung RW 03 aman dari paparan virus corona ini, Adom bersama tokoh warga dan tokoh agama terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik di forum warga maupun di tempat ibadah.

Terkait dengan kegiatan vaksinasi yang saat ini sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah, dikatakan oleh Adom, “Warga di RW 03 hampir 80 persen yang sudah menerima vaksin. Sisanya belum dikarenakan berbagai alasan, diantaranya karena gangguan kesehatan. Itu pun ada yang sudah datang ke tempat vaksin, tetapi tidak disuntik karena diketahui tekanan darahnya tinggi,” ungkapnya.

H. Juarsa, Ketua RT 01 RW 03 Desa Cihanjuang, menyatakan berterimakasih atas partisipasi dan kerjasama warga masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Alhamdulillah, dengan adanya kerjasama yang baik dari warga masyarakat, di RT kami kasus Covid-19 ini tidak terjadi. Mudah-mudahan kondisi ini tetap terjaga dan warga tetap disiplin terhadap protokol kesehatan serta kebersihan,” ujarnya.

[st]

Comments

comments