Kodam III Siliwangi Jalin Kerjasama dengan PT KAI Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon

oleh -
Kodam III Siliwangi Jalin Kerjasama dengan PT KAI Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon

BANDUNG – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., didampingi para Asisten Kasdam III/Slw dan para Kabalakdam III/Slw berkunjung ke Stasiun Bandung, Jalan Stasiun Barat, Kebun Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Kedatangan Pangdam III/Slw ini dalam rangka menandatangani perjanjian kerja sama antara PT. KAI (Persero) Daops 2 Bandung dan Daops 3 Cirebon dengan Kodam III/Siliwangi.

Hal itu disampaikan oleh Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi seusai kegiatan mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo di Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/4/2022).

Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan bahwa kerjasama PT. KAI sudah dilakukan di Kantor Pusat dengan Mabes TNI dan Mabesad, sehingga Daops 2 Bandung dan Daops 3 Cirebon menindaklanjuti di tingkat operasional bersama Kodam III/Slw yang dilaksanakan pada hari, Rabu 20 April 2022 kemarin.

“Kerja sama seperti ini perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan operasional KAI yang akan berpengaruh kepada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Sementara itu, dalam sambutannya, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, Pangdam III/Slw Kunto Arief Wibowo menuturkan bahwa berbagai permasalahan sosial yang bersinggungan dengan masyarakat akan diselesaikan melalui sinergitas pembinaan teritorial yang dilakukan Kodam III/Siliwangi. Sehingga kemungkinan konflik dan bakal konflik akan mudah dideteksi sejak dini.

Selain itu, kemampuan KAI juga akan dipadukan dengan kepentingan militer dari Kodam III/Siliwangi. Seperti halnya kegiatan pergeseran pasukan dan perlengkapan prajurit dapat diangkut melalui gerbong kereta api sehingga lebih efektif dan efisien. Serta beberapa kegiatan penting lainnya yang bernilai strategis di wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi.

“Dengan demikian, PT. KAI nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan militer, baik pada masa damai maupun perang. Beberapa SOP yang dimiliki PT. KAI dapat dipadukan dengan kegiatan taktis yang akan dilakukan oleh Kodam III/Siliwangi. Sehingga MoU yang telah dilakukan sangat tepat, karena memiliki beberapa kesamaan langkah dalam mencapai tujuan,” pungkasnya. ***

Comments

comments