Kodam III Siliwangi Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

oleh -
Kodam III Siliwangi Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

BANDUNG,- Kodam III/Siliwangi gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang dipimpin langsung oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, dilaksanakan di lapangan upacara Makodam III/Siliwangi, Jl. Aceh, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019).

“Pada hari ini kita melaksanakan apel siaga dalam rangka menghadapi apabila terjadi bencana, jadi untuk tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) salah satunya adalah membantu untuk penanganan bencana,” kata Pangdam dalam amanat apel.

“Saya rasa semuanya tau bahwa wilayah Jawa Barat ini sangat rawan bencana, diantaranya bencana tanah longsor, erupsi gunung berapi, banjir bandang dan kemungkinan ada tsunami juga,” jelas Pangdam.

Kemarin, lanjut Pangdam, kita dapat informasi dari BMKG terutama yang di pantai selatan agar diwaspadai, sehingga kita melaksanakan penyusunan organisasi apabila wilayah kita terjadi bencana, kita bisa melaksanakan pertolongan.

“Selanjutnya lihat apabila di suatu daerah terjadi bencana alam, siapa yang datang pertama sekali saat terjadi bencana disana, yang datang pertama sekali adalah TNI dibantu oleh relawan-relawan. Saat terjadi bencana biasanya listrik tidak ada, semuanya tidak ada bahkan minyakpun tidak ada, karena pom bensin yang biasanya untuk ngisi BBM hancur semuanya. Cukup kegiatan-kegiatan seperti itu sangat mengandalkan disel tapi solar juga tidak ada, yang bisa membantu kita adalah masyarakat diluar yang terkena bencana,” urai Pangdam.

“Disitulah peliknya, kompleksnya untuk penanggulangan bencana dimana kita harus membuat tempat penampungan, tempat pengungsian sementara dan kemudian bagaimana kita untuk menolong korban. Prinsipnya bahwa nyawa harus diselamatkan terlebih dahulu,“ ucap Mayjen TNI Tri Soewandono.

“Dengan adanya pengalaman tersebut, untuk Kodam III/Siliwangi, mengingat wilayah kita adalah wilayah sering terjadi bencana, maka kita menyiapkan satuan-satuan dalam susunan tugas yang siap untuk melaksanakan membantu apabila terjadi bencana. Ada Polisi Militernya, Zipur, Bekang, Hubdam, Paldam, masing-masing bekerja sesuai dengan fungsi dan porsinya. Kemudian juga untuk memberikan penjelasan kepada dunia Internasional bahwa kita peduli dengan terjadinya bencana siapa yang harus menyampaikan hal tersebut ya dari Pendam III/Siliwangi,” tutur Pangdam.

Tampak hadir pada acara tersebut diantaranya Staf Ahli Pangdam III/Siliwangi, Irdam III/Siliwangi, para Asisten dan Kabalakdam III/Siliwangi, Dandim 0618/BS serta para Danyon dijajaran Kodam III/Siliwangi serta para simpatisan dan peduli bencana Tagana.(*)

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono saat menyampaikan amanatnya di apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di lapangan upacara Makodam III/Siliwangi, Jl. Aceh, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). [Foto: dok. Istimewa]

Comments

comments