Kembangkan Potensi UMKM di Jawa Tengah, Kang Emil Siap Kolaborasi

oleh -
Kembangkan Potensi UMKM di Jawa Tengah, Kang Emil Siap Kolaborasi

SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Kota Lama Semarang, (17/10/2021).

Pada kunjungan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil, berencana menambah investasi dan berkolaborasi di Jawa Tengah yakni dalam bidang investasi kreatif.

“Kita mau berbagi pengalaman, termasuk rencana menambah investasi juga di Kota Lama Semarang. Itu ada Ikan Bakar Cianjur juga dari Jawa Barat, nanti kita tambahi dengan komunitas kreatifitas biar makin banyak interaksi,” katanya.

Selain itu, ia juga memuji produk-produk UMKM di Kota Semarang. Namun ia meminta untuk tidak berpuas diri, karena itu ia berencana melakukan kolaborasi dengan Jawa Tengah.

“Tentunya tadi, dengan misalkan datang kreatifitas dari Bandung itu akan menambah ilmu, begitupun sebaliknya mungkin Bandung akan belajar dengan kearifan UMKM Kota Semarang,” jelasnya.

“Jadi banyak begitu, menurut saya semakin keren. Saya kira kita maju bersama-sama,” tambahnya.

Sementara itu, Taj Yasin Maimoen menyambut baik rencana Jawa Barat berinvestasi di Jateng, terutama di kawasan Kota Lama Semarang.

Bahkan, pihaknya sudah menyampaikan kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi untuk memberikan berbagai peluang investasi, termasuk mempercantik Kota Lama.

“Saya menyambut baik rencana Pemprov Jabar berinvestasi. Saya sudah sampaikan ke Mas Hendi (Walikota Semarang) menerima, juga berinvestasi di Kota Lama sehingga semakin mempercantik Kota Lama,” katanya.

Sementara itu, ia memberikan contoh salah satu produk UMKM yang sangat berpotensial untuk kolaborasi adalah batik. Terlebih, batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

“Batik ini kan sudah diamandemenkan oleh UNESCO, bahwa itu adalah warisan Indonesia. Jadinya satu dengan lainnya harus saling mengisi,” ungkapnya.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, ia berharap agar nantinya hasil kolaborasi tersebut bisa menembus pasar mancanegara.*

Comments

comments