Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kunjungi Konsep Ruang Terbuka Hijau SBI Di Cibadak Sukabumi

oleh -
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kunjungi Konsep Ruang Terbuka Hijau SBI Di Cibadak Sukabumi
Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat, H.M Ridwan Kamil, memberikan apresiasi kepada Solusi Bangun Indonesia atas upaya penanganan reklamasi lahan bekas tambang silika di Cibadak, Sukabumi.[Foto: istimewa]

Sukabumi,– Gubernur Provinsi Jawa Barat, H.M Ridwan Kamil, kunjungi area reklamasi lahan bekas tambang pasir silika milik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Cibadak, Sukabumi, Jumat (24/7/2020).

Kunjungan Ridwan Kamil ini didampingi oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, perwakilan ESDM Provinsi Jawa Barat, perwakilan dari pemerintah daerah setempat, dan Direktur Manufacturing SBI, Lilik Unggul Raharjo.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau perkembangan yang telah dilakukan di lokasi tersebut serta membahas mengenai pengembangan kedepannya agar dapat memberikan dampak yang lebih besar khususnya di sektor pariwisata hutan pendidikan dan hutan produksi.

Sebagai salasatu faktor pendukung keberlangsungan mahluk hidup, hutan memiliki peranan penting yang sangat beragam dalam memberikan keseimbangan yang dinamis agar setiap ekosistem yang berada di sekitarnya dapat berkembang dengan baik.

Sejalan dengan komitmen Perusahaan dalam melestarikan lingkungan sekitar area operasional, SIG – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, melalui unit usahanya, SBI, terus melakukan serangkaian aktivitas reklamasi di Cibadak, Sukabumi, sesuai dengan regulasi sejak tahun 2010 dan menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) di tahun 2013 untuk membuat konservasi hutan pendidikan yang lebih komprehensif. Dibangun di atas lahan seluas 65 hektar, area ini berpotensi untuk memberikan manfaat dari aspek ekonomi, pendidikan maupun sosial bagi masyarakat sekitar.

Hal ini tidak lepas dari upaya SBI untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya dalam memberikan solusi yang berkelanjutan bagi lingkungan.

Lilik Unggul Raharjo menyampaikan bahwa area hutan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berkunjung, di mana lahan ini dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk melakukan berbagai jenis aktivitas seperti penelitian, rekreasi hingga penanaman.

“Di lokasi ini kami telah melakukan banyak hal untuk membantu masyarakat mempelajari hal-hal baru atau pun memanfaatkannya sebagai salasatu kegiatan yang positif. Karena itu, kami ingin terus mengembangkan solusi berkelanjutan dan bekerjasama dengan masyarakat untuk terus peduli terhadap lingkungan hidup”, terang Lilik Unggul Raharjo.

Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil juga mengapresiasi upaya reklamasi yang dilakukan oleh SBI untuk menciptakan tempat ruang terbuka hijau yang asri serta memberikan kesan estetika yang sangat baik di wilayah perbukitan Sukabumi.

“Ini merupakan salasatu bentuk pengembangan terhadap lingkungan yang perlu untuk terus dipertahankan, bahkan lebih baik lagi nantinya. Semoga pihak-pihak yang terlibat khususnya di bidang pertambangan dapat melakukan hal serupa agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas”, ujar Ridwan Kamil.

Saat ini SBI juga terus fokus pada pengelolaan lingkungan untuk mencapai efisiensi energi, pengendalian emisi, serta pengurangan dan pemanfaatan limbah B3 atau non B3 dari industri lain. “Kami ingin terus menghadirkan upaya-upaya dalam membangun kehidupan berkelanjutan yang lebih baik (di lingkup SIG) dengan tetap mengutamakan kebutuhan bagi generasi mendatang. Kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggal kita”, tutup Lilik.

Lilik Unggul Raharjo, Direktur Manufacturing Solusi Bangun Indonesia, memberikan cindera mata kepada Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dalam acara kunjungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Cibadak, Sukabumi.

****

Comments

comments