Grawis Semarang Gandeng WSA Malaysia Tingkatkan Kompetensi SDM Perhotelan

oleh -
Grawis Semarang Gandeng WSA Malaysia Tingkatkan Kompetensi SDM Perhotelan

SEMARANG – Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Graha Wisata Hotel School (Grawis) Semarang menjalin kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Vokasi Perhotelan World Skill Academy (WSA) Malaysia.

Menurut Direktur Grawis Heny Yuliastuti SE, M.Si., program tersebut memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya program magang peserta didiknya di sejumlah hotel berbintang lima di negara Jiran, Malaysia.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) kerjasama ditandatangani Direktur Grawis Heny Yuliastuti SE, MSi dan President and CEO WSA Malaysia, V K Kumeresan di kampus Grawis, Jl KH Ahmad Dahlan No 23, Semarang, baru-baru ini.

Penandatanganan MoU antara Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Graha Wisata Hotel School (Grawis) Semarang dengan Lembaga Pendidikan Vokasi Perhotelan World Skill Academy (WSA) Malaysia. (dok)

“Melalui program kerjasama ini peserta didik Grawis bisa menambah pengalamannya lewat program magang di Malaysia, bahkan bisa berlanjut bekerja disana” kata Heny dalam siaran persnya, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, saat mengikuti program magang mereka akan mendapat sentuhan kurikulum internasional American Hospitality Academy (AHA) yang dapat dimanfaatkan untuk berkompetisi di bursa kerja internasional di bidang perhotelan dan restoran.

Seperti diketahui, lanjutnya, negara-negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya Malaysia saat ini membutuhkan banyak sekali tenaga hospitality professional untuk mengisi kekurangan SDM perhotelan karena rebound pariwisata pasca-pandemi Covid-19.

Dia menambahkan, ini merupakan peluang besar bagi hotelier Indonesia untuk mengembangkan karier di luar negeri, baik di hotel maupun kapal pesiar.

Namun, ujarnya, karena sumberdaya manusia (SDM) dari Indonesia tidak mengantongi sertifikasi dan pengalaman internasional, akibatnya hotelier Indonesia kurang percaya diri untuk bersaing di mancanegara.

Melalui program magang ini, para hotelier Indonesia memiliki kesempatan untuk menyiapkan diri secara intens sebelum memasuki pangsa pasar kerja di bidang perhotelan internasional.

“Kalaupun tidak memiliki minat untuk berkarier di mancanegara,para hotelier lulusan Grawis yang telah memiliki pengalaman internasional dapat berkarier di dalam negeri,” katanya (rq)

Comments

comments