DPKS Gelar Sarasehan Implementasi Kurikulum Merdeka Bersama Kepala Sekolah

oleh -
DPKS Gelar Sarasehan Implementasi Kurikulum Merdeka Bersama Kepala Sekolah
Ketua Dewan Pendidikan Kota Semarang, Dr Drs Budiyanto, S.H, M.Hum. [foto: dok.]

SEMARANG – Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) akan menyelenggarakan sarasehan pendidikan bertema Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri dan Asesmen Nasional 2022 di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu (23/7/2022) mendatang.

Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto.SH, M.Hum., mengatakan latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini berangkat dari hasil asesmen nasional tahun 2021 untuk Kota Semarang hasilnya berada di garis minimum dan di bawah garis minimum.

“Penilaian itu dilakukan oleh tim asesmen nasional tahun 2021. Untuk tahun 2022 dimulai bulan September, karena itu DPKS mendorong kepada masyarakat pendidikan khususnya kepala sekolah, guru, orang tua peserta didik, peserta didik dan lingkungan satuan pendidikan (satpen) untuk segera mengambil langkah agar posisi itu bisa diperbaiki untuk tahun ini dan selanjutnya,” kata Budiyanto di Semarang.

Budiyanto mengatakan hal itu usai rapat panitia sarasehan pendidikan yang berlangsung di sekretariat DPKS di Gedung Muh Ikhsan Lantai komplek Balaikota Semarang, Selasa (19/7/2022).

Menurutnya, masih minimnya nilai rapor pendidikan itu menjadi salah satu faktor pendorong kenapa sarasehan ini digelar, selain itu juga mengantisipasi dan menyiapkan diri untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka mandiri yang mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2022/2023 ini.

Agar dapat mengikutinya, lanjut Budiyanto, maka para kepala sekolah dan guru harus melakukan perubahan atau pergeseran paradigma berfikir agar dapat mengimplementasikan kurikulum itu.

Dia menambahkan, salah satu syarat untuk melakukan paradigma berfikir adalah sikap mandiri dan aktif untuk mengikuti dan melaksanakan semua program implementasi kurikulum merdeka mandiri yang disiapkan oleh Kemendukbudrustek yang diprogram secara digital.

Sarasehan yang akan dibuka Walikota Semarang Dr H Hendrar Prihadi, SE,MM., ini akan diikuti para kepala sekolah SMP, SD, PAUD, pengawas sekolah dan para kepala bidang Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Sedang narasumber sarasehannya dua orang Widya Iswara BBPMP Jateng, mereka itu Dr Aliif Noorhidayati, M.Pd., akan menyampaikan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri dan Asesmen Nasional di Kota Semarang. Sedangkan Drs Sudaryanta, M.Si., akan menyampaikan materi tentang Evaluasi Asesmen Nasional 2021 dan Kesiapan tahun 2022 di Kota Semarang.

“Sebagai bagian dari masyarakat pendidikan di Kota Semarang, DPKS berupaya bergerak bersama dengan Dinas Pendidikan, satpen -satpen dan masyarakat menyukseskan program walikota Semarang khususnya di bidang pendidikan,” tuturnya.

Ketua OC Sarasehan Setya Budi SPd, MM dan SC Sarasehan Pendidikan Hj Kastri Wahyuni SPd, MM mengatakan kegiatan ini sudah siap dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

Comments

comments