Dengan Membaca Kita Bisa Keliling Dunia

oleh -
Keliling Dunia
Young man studying in library

Sebelum membaca sebaiknya kita mengetahui gambaran besar tentang isi buku, hal tersebut akan mempermudah konsentrasi pada saat membaca dan dengan membaca kita bisa keliling dunia.

Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya. Anda hanya bisa membuka jendela dunia dengan membukanya, yakni lewat aktivitas membaca. Membaca akan menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman melebihi usia Anda.

Membaca tidak mengenal usia dan waktu. Tidak ada istilah berhanti untuk menggali ilmu. Seandainyapun kita diberitahukan bahwa besok akan mati, maka kita harus tetap terus belajar.
Kunci agar kita selalu mau belajar adalah jangan pernah menganggap diri kita selalu pintar. 

ilmuwan selain sebagai orang berilmu juga memiliki kearifan, kebenaran, etika dan estetika. Secara epistemologis dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan yang ada saat ini merupakan hasil dari akumulasi pengetahuan yang terjadi dengan pertumbuhan, pergantian dan penyerapan teori. Kemunculan teori baru yang menguatkan teori lama akan memperkuat citra sains normal.

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kata yang bisa kamu pelajari, bahkan kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Dengan menguasai banyak kosakata otomatis hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbicara kamu. Selain itu, membaca buku juga sangat penting saat kamu belajar bahasa baru yang akan membantumu memperluas kosakata dan memahami struktur penulisan suatu bahasa.

Ketika kamu membaca buku, segala perhatianmu terfokus pada isi atau cerita dalam buku. Cobalah membaca selama 15-20 menit sebelum beraktivitas (misalnya pada saat pagi hari), dan kamu akan melihat betapa jauh lebih fokusnya dirimu mengawali hari.

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

“Keberhasilan ditentukan oleh 99 % perbuatan dan hanya 1 % pemikiran”, DIKUTIP dari kata-kata Mutiara  albert Einstein.

Dalam hari-hari besar nasional Indonesia Tanggal 17 mei ditetapkan sebagai hari Buku NASIONAL

Comments

comments