Bantuan Modal Dorong Spiritpreneur KUBE

oleh -
Berikan Penjelasan : Cicil Suyati memberikan penjelasan tentang manfaat dan proses verval bantuan bagi KUBE
Berikan Penjelasan : Cicil Suyati memberikan penjelasan tentang manfaat dan proses verval bantuan bagi KUBE

SOROTINDONESIA.COM, Semarang – AS Sukawijaya atau yang akrab disebut Yoyok Soekawi mengungkapkan perlunya mendorong Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk meningkatkan spiritpreneur warga Jawa Tengah. Semangat wirausaha, kata Yoyok yang saat ini menjabat Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jateng, diperlukan sebagai bagian dari solusi permasalahan sosial.

“Kita perlu menggerakkan semangat wirausaha kelompok-kelompok usaha kecil dengan bantuan modal, terutama KUBE (Kelompok Usaha Bersama),” kata Yoyok saat ditemui di sela kegiatan penyerahan bantuan Kube dan bimbingan teknis di Balai Kelurahan Purwosari, Jalan Patriot II nomor 231 A, Purwosari, Semarang Utara, Kota Semarang, kemarin (1/8/2018), “Program ini berjalan sejak 2010 di seluruh pelosok Propinsi Jateng. Penerima bantuan telah diseleksi dan selanjutnya dikontrol oleh dinsos provinsi dan kabupaten / kota,” imbuhnya.

Yoyok menerangkan bahwa bentuk bantuan yang diberikan bervariasi, sesuai dengan kebutuhan berdasarkan proposal yang telah diajukan ke Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah. Kube Panggung Kidul dan Purwosari dipilih karena dari proses verifikasi dan validasi (Verval) telah dinyatakan layak untuk dikembangkan.

Mewakili Kepala Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah, Cicik Suyati juga menegaskan bahwa penerima telah lolos dalam seleksi dari tahapan-tahapan hingga Verfal. Kasie Penanganan Fakir Miskin Perkotaan dari Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah ini berharap bantuan yang diberikan dapat mengurangi angka kemiskinan. Terutama bagi wanita yang dikategorikan dalam Keluarga Rawan Sosial Ekonomi (KRSE).

Diterangkan, Wanita yang dimaksud rawan sosial ekonomi merupakan tulang punggung keluarga. Hal ini pada umumnya terjadi karena suami dalam kondisi sakit menahun atau hal lain yang menyebabkannya harus bekerja ekstra bagi keluarga. KRSE dalam 1 (satu) lokasi / kecamatan bisa terdapat 10 KUBE untuk 2 (dua) kelurahan atau desa dengan jumlah peserta 10 orang dapat menerima bantun sebesar 10 juta dalam bentuk barang dan termasuk dalam kategori keluarga miskin dalam BDT usulan dari Kabupaten / Kota.

Kabid PFM, Primasari YS dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa tujuan pemberian bantuan Pemerintah (Provinsi dan Kota Semarang-red) dalam mengembangkan KUBE supaya menambah daya saing dalam usaha bersama sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya dengan bersama meningkatkan perekonomian. Lebih dari itu, terciptanya kemandirian dan keluar dari kemiskinan. (arh.sorotindonesia)

Perwakilan KUBE menerima bantuan secara simbolis seusai bimbingan teknis di Balai Kelurahan Purwosari Semarang Utara, Kota Semarang.
Perwakilan KUBE menerima bantuan secara simbolis seusai bimbingan teknis di Balai Kelurahan Purwosari Semarang Utara, Kota Semarang.

Comments

comments