Banjir Meluas Kepala Desa Diharapkan Lebih Siaga

oleh -
oleh
Banjir
Tim TRC BPBD Murung Raya saat mengevakuasi pengguna jalan yang melintas di kawasan Sungai Anyam Desa Mangkahui Kecamatan Murung yang terjebak banjir, Kamis (30/11/2023). Foto: BPBD Mura untuk SI

MURUNG RAYA, SOROT INDONESIA – Kondisi banjir di beberapa wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) mulai bermunculan, akibat intensitas curah hujan di wilayah hulu Sungai Barito terus meningkat memasuki awal bulan Desember 2023 ini.

Kondisi ini tidak dianggap sepele oleh pemerintah daerah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala BPBD Mura Fitrianul Fahriman saat dikonfirmasi awak media mengatakan, berdasarkan perkiraan cuaca BMKG dalam beberapa waktu kedepan intensitas hujan di prediksi akan masih terjadi.

Sehingga pihaknya mengimbau kepada seluruh kepala desa di beberapa kawasan rawan banjir dapat meningkatkan koordinasi bersama pemerintah kecamatan setempat serta BPBD untuk mengantisipasi kerawanan potensi banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Kami minta pemerintah desa di beberapa wilayah khususnya Kecamatan Murung, Permata Intan, Laung Tuhup, Batura, Sumber Barito serta Seribu Riam agar bisa lebih meningkatkan kewaspadaannya tentunya agar masyarakat lebih juga waspada terhadap keselamatan jiwa dan harta benda yang mereka miliki,” kata Fitrianul Pahriman melalui pesan Whatsapp nya, Kamis (30/11/2023).

Dia kembali mengingatkan untuk ketinggian debit air Sungai Barito berada di 8,2 meter namun kondisinya berangsur turun, “namun jika curah hujan kembali meningkat tentunya perlu peningkatan kewaspadaan potensi banjir,” ujarnya lagi.

“Tentunya dengan koordinasi dan komunikasi yang berjenjang dapat meningkatkan kewaspadaan kita atas hal-hal yang tidak kita inginkan terhadap bencana banjir saat ini untuk meminimalisir dampaknya,” tandasnya. (adr)

 

Comments

comments