Atasi Masalah Sosial, Pemerintah Kota Semarang Sosialisasikan Pekerja Sosial Masyarakat

oleh -
Masalah Sosial

Semarang – Persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat merupakan tugas dan tanggungjawab bersama. Kita tidak dapat berpangku tangan mengharapkan bantuan dari pemerintah. Begitu banyak masalah sosial yang dapat kita selesaikan dengan bersinergis dengan pemerintah. Hal demikian ini disampaikan oleh Sigit Djoko Purwadi selaku narasumber dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial dalam Sosialisasi Penguatan dan Pengembangan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Auditorium Gedung Kecamatan Tembalang Semarang pagi tadi (28/9/27).

A Rifqi Hidayat Wakil Sekretaris Ikatan PSM Kota Semarang memberikan penjelasan tentang peran PSM sebagai bagian dari konsep negara modern di mana masyarakat adalah mitra pemerintah dalam upaya menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Pemerintah dapat hadir dalam setiap kegiatan sosial tanpa mengenal waktu formal kerja.

Masalah Sosial

“Negara harus mampu hadir di tengah masyarakat. Dalam konteks kegiatan sosial pemerintah dapat hadir melalui andil atau peranan masyarakat yang secara sukarela menjadi seorang pekerja sosial masyarakat dan telah diatur melalui PERMENSOS RI Tahun 2012.” Kata Rifqi.

Kegiatan sosialisasi Penguatan dan Pengembangan Pekerja Sosial Masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Semarang ini dibuka oleh Djoko Rakito Sekretaris Dinas Sosial Kota Semarang dan ditutup oleh Nur ‘Aini Kasie Kesos Kecamatan Tembalang dimoderatori oleh Tiwi Dwi Supratiwi sosialisasi dan dihadiri puluhan peserta. (Rifda)

Comments

comments