Apresiasi! Lurah Johar Baru Respon Cepat Keluhan Warga

oleh -
Apresiasi! Lurah Johar Baru Respon Cepat Keluhan Warga

JAKARTA – Siswanto, Lurah Johar Baru, Kota Administratif Jakarta Pusat, mendapat apresiasi dari warga yang menyampaikan keluhannya terkait dengan sampah yang berserak di saluran air.

Hal tersebut disampaikan oleh Adrian (49) warga RW 010 /RT 001 Kelurahan Johar Baru.

“Sekitar hari Kamis pagi, saya menyampaikan keluhan kepada Pak Lurah Siswanto karena saluran air umum (selokan) di sekitar rumah di RT 01 kotor dipenuhi sampah. Laporan saya itu ternyata direspon cepat oleh Pak Lurah yang tidak sampai 10 menit telah menugaskan tim PPSU untuk datang membersihkannya,” ungkap Adrian yang duduk di kursi roda karena cedera patah kaki yang dideritanya, Sabtu (16/9/2023).

Tim PPSU Kelurahan Johar Baru saat membersihkan sampah liar dipemukiman warga.

Menurutnya, respon cepat dari Lurah Johar Baru ini patut mendapatkan apresiasi.

“Ya, kami sebagai warga memberikan apresiasi atas respon cepat dari pihak pemerintah kelurahan dalam menyikapi keluhan warga. Tidak banyak proses bertele-tele, tetapi langsung aksi,” ucap Adrian, kagum.

Dikisahkan oleh Adrian, saat itu ia menghubungi Pak Lurah untuk menyampaikan kotornya saluran air dan mengusulkan untuk saluran itu agar atasnya ditutup agar tidak ada orang membuang sampah sembarangan kesitu. Sebelumnya Adrian sudah mencoba menutupnya dengan paranet, namun rusak.

“Waktu itu kami sempat pasang paranet di atas saluran, tetapi ngga lama rusak. Saya juga sudah usulkan lewat Pak RW untuk ditutup atap selokan depan rumah, sama dengan selokan di RW 10. Kami cuma mewaspadai saja, karena sekarang kan jelang pancaroba, jangan sampai saluran air menjadi sarang bibit penyakit jika airnya tidak lancar,” terangnya.

Kondisi saluran air di RW 10 RT 01 Kelurahan Johar Baru setelah dibersihkan oleh tim PPSU.

Terpisah, terkait dengan usulan untuk pemasangan tutup saluran air, dikatakan oleh Siswanto bahwa itu diarahkan untuk disampaikan ke dalam rapat Musrenbang.

“Nanti bila ada Musrenbang, diusulkan lagi, supaya Sudin SDA ada catatannya,” jawab Lurah Johar Baru, Siswanto, melalui pesan singkat WA.*

Comments

comments