Ansor Boyolali Bantu Air Bersih Untuk Warga Yang Dilanda Kekeringan

oleh -
Ansor Boyolali Bantu Air Bersih Untuk Warga Yang Dilanda Kekeringan

SOROTINDONESIA.COM || Boyolali – Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) melalui Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Boyolali yang menurunkan regu Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kecamatan Klego membantu droping air bersih di kawasan Boyolali bagian utara, kemarin (18/09/2018). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai respon terhadap daerah yang mengalami kekurangan air bersih di setiap musim kemarau.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Boyolali, Ahmad Muzamil menerangkan, droping air berdasarkan zonasi, ”Kami tergugah untuk ikut membantu warga dengan mengirimkan bantuan air bersih,” ungkap muzamil, “jumlah total distribusi air ada 20.000 liter air,” sambungnya, “bantuan air bersih kami distribusikan ke beberapa titik yang mengalami kekurangan air bersih. Yaitu, Dukuh Blijo, dan Dukuh Cinde, Desa Gondang Legi, Kecamatan Klego”. terangnya. Selain itu, Bagana juga mendistribusikan air bersih di Desa Kauman, Kecamatan Kemusu.

Muzamil mengungkapkan, dana bantuan air didapatkan dari sumbangan para kader Ansor dan Banser serta Banom NU yang ada di Kecamatan Klego. Adanya rasa prihatin melihat kondisi warga yang kekurangan air bersih untuk kebutuhan harian, itu menjadi salah satu landasan kegiatan tersebut, ”Ada warga yang harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air, itu pun kondisi airnya kurang bersih. Kami sangat prihatin,” tandasnya.

Untuk mengoptimalkan bantuan, para pengurus Ansor tengah berupaya memperluas penerimaan donasi dengan menyampaikan informasi ke seluruh kader dan warga di kawasan Boyolali. Harapannya, mereka bisa menyisihkan sedikit rizki untuk pembelian air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan sumber air bersih. Muzamil berharap jangkauan bantuan bagi warga semakin luas, “Kami berharap semakin banyak yang peduli membantu saudara-saudara  yang benar-benar membutuhkan air bersih,” ungkapnya.

Sementara, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Karanggede, Kabupaten Boyolali pada minggu lalu (10/09/2018) telah mendistribusikan sedikitnya 35 ribu liter air bersih ke sejumlah desa yang dilanda kekeringan di Kabupaten Boyolali. Di antaranya di Desa Dologan dan Desa Bangkok, Kecamatan Karanggede dan Desa Glinggang, Kecamatan Kemusu.

“Ada tiga dusun di desa Dologan, satu dusun di Desa Bangkok dan dua dusun di Desa Glinggang. Bantuan air bersih ini juga berkat kerjasama kita dengan Tim Bagana dan BPBD Boyolali,” kata Ketua PAC GP Ansor Karanggede, Mohammad Rivai.

Rivai yang ikut turun langsung mendistribusian bantuan air bersih ini mengungkapkan, sejumlah wilayah di Kabupaten Boyolali, seperti di Kecamatan Karanggede dan Kecamatan Kemusu sudah beberapa bulan terakhir ini mengalami kekeringan akibat dampak kemarau panjang.

Bantuan air bersih ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga, terbukti warga rela antre hingga larut malam, yakni pukul 00.30 WIB. Anggota Ansor dan Banser dengan sabar dan telaten menuangkan air ke dalam jerigen dan ember milik warga yang telah melakukan antrian panjang. (arh)

Comments

comments