31 Kabupaten Kota Ramaikan Pameran Bonsai Tingkat Nasional Di Kota Banjar

oleh -

Banjar, ( SI ) – Pameran Bonsai tingkat Nasional digelar di Kota Banjar, pameran tersebut dilaksanakan oleh Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia ( PPBI ) Cabang Kota Banjar, gelaran tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjar yang ke-15, diikuti oleh peserta dari 31 Kabupaten/Kota dari seluruh pulau Jawa, Selasa (20/02/2018) bertempat di Banjar Water Park (BWP) Kota Banjar.

Nana Suryana Ketua PPBI Cabang Kota Banjar menerangkan, kontes dan pameran tanaman bonsai ini adalah tahun keempat yang digelar di Kota Banjar, di mana kelasnya juga kita naik, ada 4 kelas yang dipertandingkan yaitu kelas utama, kelas madya, kelas regional dan kelas perfect, ini semua untuk mengakomodir para pemula untuk memotivasi, Gebyar Bonsai Banjar Gemilang ( GBBG ) tahun 2018, terangnya.

Nana menambahkan, “Semoga Banjar Gemilang semakin dikenal, karena selama ini selalu kalau bilang Banjar, ada Banjar Negara, Banjar Kalimantan, ini tadi sudah disampaikan oleh ketua panitia agar tolong promosikan Kota Banjar Patroman ini, dengan hadirnya peserta dari 31 kabupaten kota yang ada di pulau Jawa dari mulai ujung timur pulau Jawa, sampai ke ujung barat Pulau Jawa, Kota Banjar ini semakin dikenal”, tambahnya.

“Alhamdulillah, hadir pada kontes ini kualitas dari pohon-pohon yang ikut serta, di dalam kontes ini juga kelasnya sudah yang biasa juara di Jawa Timur, yang biasa juara di Jawa Barat, juara di Jawa Tengah dan yang biasa juara di Jakarta, itu bersaing disini untuk adu performa, meningkatkan silaturahim tali persahabatan juga tali persaudaraan antar sesama anak bangsa, kita tidak ada batasan suku dan wilayah”, tandas Nana.

“Ketika bicara PPBI, pertama, kita ini satu keluarga besar PBBI yang ada di Indonesia, yang keduanya, saya juga berharap di sini yang mana saya sampaikan terjadi interaksi sosial, akan ada transaksi ekonomi, artinya sedikit banyak kita juga berupaya untuk mendongkrak promosi Kota Banjar, sedikit banyak kita juga membuka peluang untuk terjadinya transaksi ekonomi”, jelas Nana.

Ditempat yang sama Ketua Panitia H Endang Hidayat menerangkan, pameran Bonsai yang digelar di Kota Banjar untuk tahun ini adalah tingkat nasional, dan sudah sampai di tingkat utama dan ini bukan perkara mudah, untuk bisa sampai ke tingkat pertama setelah melalui proses dari tingkat regional berapa kali Kriteria, masuk ke Madya beberapa kali dapat bendera merah dan lain-lain baru bisa masuk kelas utama, terangnya.

Lebih lanjut Endang menjelaskan, salah satu Bonsai dari peserta Jakarta harganya mencapai Rp 1,2 milyar, harapannya dengan adanya event seperti ini orang yang ada diluar Kota Banjar tau, bahwa Kota Banjar yang ada di Jawa Barat adalah Banjar Patroman, jadi tidak lagi perlu bertanya – tanya, jelasnya.

Ketua PPBI Pusat mengapresisi kegiatan pameran di Kota Banjar ini, ini adalah untuk kali kedua kami dari pusat sempat hadir di Kota Banjar, ngikuti berjalannya kontes yang ada di Banjar dan dari tahun ke tahun, ini tahun yang kedua, cukup signifikan peningkatannya dan mungkin nanti yang akan datang, untuk naik satu tingkat lagi di kelas bintang, dilihat dari potensi sekarang sudah cukup peningkatan yang cukup bagus, ucapnya.

“program dari PPBI kepala cabang Banjar sendiri sudah cukup berhasil, pertama dalam memaksimalkan dari sumber daya dan didukung dengan PPBI cabang sekitar, minimal di wilayah barat dan sekarang udah mencakup di seluruh jaringan di Pulau Jawa, menunggu dan yang akan datang yang di dekat bintang, untuk bisa lebih sukses lagi main cakupannya mungkin bisa nyampe nanti di pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi”, tambahnya.

“semoga saja kedepannya PPBI Banjar bisa mencapai yang tertinggi yaitu ke tingkat Bintang, mudah – mudahan dengan kebijakan yang sekarang, dan didukung oleh lokasi dan sarana dan prasarana, itu tidak hanya xita – cita saja tapi juga kenyataan”, pungkasnya. (Herman)

Pembukaan pameran Bonsai tingkat nasional di Kota Banjar dibuka oleh Ketua Dikranasda Kota Banjar H Herman Sutrisno
Pameran Bonsai tingkat nasional di Kota Banjar dibuka oleh Ketua Dikranasda Kota Banjar H Herman Sutrisno

Comments

comments