Yuk! Budidaya dan Bisnis Ikan Hias, Ini Tips Penting yang Patut Diperhatikan

oleh -
Yuk! Budidaya dan Bisnis Ikan Hias, Ini Tips Penting yang Patut Diperhatikan
Ikan Cupang. [Foto: ss/youtube/galaxikoiindonesia]

Keberadaan ikan hias saat ini amatlah digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak jarang ada yang membudidayakannya dan menjadikan ikan hias sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Tak tanggung-tanggung, omzet-nya bisa menyentuh angka puluhan juta rupiah. Galibnya, bisnis ini sangatlah menjanjikan karena tidak pernah mengalami penurunan sebaliknya justru bisnis ikan hias semakin meningkat. Intinya, bisnis ikan hias sangat bermanfaat ditengah pandemi yang di antaranya mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi.

Tingginya minat masyarakat untuk memelihara ikan hias, pastinya bisnis ini memiliki potensi yang besar dan mencerahkan. Bayangkan, hanya bermodalkan seratus ribu rupiah hingga lima ratus ribu rupiah saja, anda bisa memiliki bisnis ikan hias ini. Belanja yang akan dikeluarkan pun sangat minim, karena ikan hias kecil seperti ikan cupang atau ikan gapi tidak perlu banyak ruang dan perawatan yang berlebih.

Banyak yang mengatakan keuntungan dari bisnis ikan hias ini dapat mencapai tiga kali lipat dari modal yang anda keluarkan. Apalagi jika ikan hias anda memiliki corak yang indah dan menarik, harganya akan melonjak tinggi. Selain keuntungan yang besar, bisnis ikan hias wajib anda coba untuk dijadikan sandaran usaha.

Yuk, kita simak penjelasannya.

Hobi dan Bisnis 

Pertama, jika anda memang memiliki hobi memelihara ikan, maka bisnis ini akan sangat cocok untuk anda. Bayangkan, betapa serunya berbisnis sekaligus melakukan hobi secara bersamaan. Bukan itu saja, anda pasti tahu bagaimana caranya mengurus ikan hias dari mulai cara memberinya makan hingga menjualnya di pasaran. Dari sinilah anda mempunyai kesempatan yang besar untuk mendapatkan untung dari bisnis ikan hias.

Pengeluaran Tempat yang Minim

Selanjutnya, karena bentuk ikan hias yang kecil, maka tidak dibutuhkan media atau ruang yang besar untuk membudidayakannya. Berbeda dengan ikan tawar konsumsi seperti lele dan nila, ikan hias dapat anda budidayakan di dalam rumah bahkan teras depan rumah anda bisa jadikan alternatif lain. Cukup dengan akuarium untuk dijadikan tempat bagi ikan hias anda. Namun, anda harus tetap menjaga kualitas air dan ikan, agar kesehatan dan warnanya tidak pudar. Tenang saja, tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli akuarium sebagai modal awal anda berbisnis. Bahkan uang anda akan kembali karena akuarium dapat dijadikan investasi dalam berbisnis ikan hias.

Tidak sulit untuk membesaran ikan hias. Anda cukup memahami cara membudidayakannya. Lalu cukup dengan tau pengetahuan dasar tentang biologi dan kebiasaan umum ikan yang akan dibudidayakan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar pegawai. Budidaya ikan hias dapat anda lakukan sendiri hanya saja mungkin anda membutuhkan tenaga yang lebih untuk membersihkan tangki dan memindahkan ikan kedalamnya.

Tau, tidak? Bisnis ini secara tidak langsung membantu melesatarikan ikan. Melalui pembudidayaan ikan-ikan tersebut dapat terhindar dari kepunahan, dan kesehatannya pun terjaga. Ikan hias yang sehat semakin diburu oleh para pecinta ikan hias. Permintaannya akan meningkat, tidak hanya dijadikan hiasan di rumah saja melainkan peminatnya banyak untuk hiasan dikantor hingga tempat bisnis lain seperti restoran dan toko. Untuk anda yang baru mulai bisnis budidaya ikan hias, berikut ini beberapa tips agar anda tidak kebinngungan dan salah langkah untuk memulai.

Menentukan Target Pasar 

Tentunya yang pertama harus anda lakukan adalah menentukan target pasar. Ikan hias bukan hanya digemari oleh orang kaya saja, masyarakat menengah kebawah juga memiliki minat pada ikan hias. Walaupun tempatnya hanya akuarium kecil atau toples biasa, anda harus tau jenis ikan hias yang pas untuk dipelihara masyarakat menengah kebawah. Contohnya seperti ikan cupang atau ikan koki yang mudah dirawat dan tidak perlu banyak pengeluaran uang.

Memiliki Pengetahuan Umum Cara Memelihara Ikan Hias 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, anda harus memiliki pengetahuan dasar memelihara ikan jika tidak kemungkinan gagal akan besar. Resiko ikan mati akan tinggi jika anda tidak memiliki penetahuan umum tentang ikan hias. Ikan hias tidak boleh dibiarkan diakuarim terus menerus, namun juga perlu perawatan sesekali. Sekedar info, corak dan warna yang ada dibeberapa ikan hias akan bergantung pada perawatan yang anda lakukan, lho.

Mulai dengan Satu Jenis Ikan 

Pada tahap awal, lebih baik anda fokus pada satu jenis ikan saja lalu perbanyak belajar untuk menghadapi permasalahan yang lebih besar nantinya. Nah, kalau dirasa perlu menambah jenis ikan anda dapat menambahnya hingga 3 jenis ikan yang berbeda dan baru.

Jual Barang Selain Ikan Hias 

Anda bisa saja menjual hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan ikan hias, seperti makanannya, akuarium, bibit, hingga obat ikan hias. Dengan ini, pembeli bisa saja membeli barang lain selain ikan hias atau membeli ikan hias sekaligus barang yang dibutuhkan untuk memeliharanya.

Pemanfaatan Teknologi Media Sosial

Zaman sekarang promosi apapun sangat mudah dilakukan, salah satunya memanfaatkan media sosialmu ataupun menjualnya lewat e-commerce lainnya. Berbisnis lewat media sosial caranya mudah, anda tinggal mem-posting ikan yang akan anda jual lalu beri deskripsi yang menarik dan sejelas mungkin dan jangan lupa cantuman alamatmu agar pelanggan muda menemukan bisnismu.

Budidaya ikan hias yang sering dijual dan laku di pasaran adalah jenis ikan cupang karena bentuk atau jenisnya beragam membuat ikan cupang populer disemua kalangan. Maka dari itu, ikan cupang menjadi jenis ikan hias yang direkomendasikan untuk para pemula yang ingin memulai bisnis ikan hias ini.

Ikan hias memiliki banyak jenisnya, yaitu ada ikan gabus, ikan tiger (tiger fish), ikan neon tetra yang memiliki corak indah nan cerah, ikan oscar yang memiliki bola mata besar, lalu terakhir ada ikan dwarf cichild ikan hias ini biasanya hidup di air tawar dan ukurannya sekitar 10 hingga 12 cm saja.

Hebatnya lagi, ikan hias mudah dijual dan selalu banyak pelanggan yang akan memesan. Seperti tidak akan pernah redup, bisnis budidaya ikan hias justru semakin melonjak penjualannya. Hal ini sangat berguna dan menguntungkan dikeadaan seperti sekarang. Pandemi memang menjadi halangan besar untuk menghasilkan pemasukan yang besar dan hampir saja membuat ekonomi Indonesia menurun. Dengan budidaya ikan hias anda bukan saja menyalurkan hobi yang dapat menghilangkan stres akibat pandemi.

Nah, itu dia penjelasan tentang ikan hias dan beberapa tips untuk kalian yang baru memulai bisnis budidaya ikan hias ini. Pastinya penjelasan ini sangat bermanfaat dan juga membantu kalian agar tidak ragu lagi untuk memulai bisnis ikan hias. Selain menguntungkan anda juga dapat menyalurkan hobi anda dengan berbisnis ikan hias.***

 

Oleh : Fittrie Meyllianawaty Pratiwy, Ph.D

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjadjaran 

Comments

comments