Taj Yasin Minta Perusahaan Olahan Daging Berikan Jaminan Halal Secara Utuh

oleh -
Taj Yasin Minta Perusahaan Olahan Daging Berikan Jaminan Halal Secara Utuh
Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen saat meninjau perusahaan produk makanan PT So Good Food di Boyolali, (24/1/2022). [dok.ist]

BOYOLALI – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta perusahaan pengolahan daging benar-benar dapat memberikan jaminan ke masyarakat terkait kehalalannya. Hal tersebut diungkapkan Taj Yasin usai melakukan peninjauan ke pabrik sosis So Good Food di Boyolali, Senin (24/01/2022).

Taj Yasin mengatakan jaminan halal kepada masyarakat harus dilakukan mulai sejak proses penyembelihannya. Setelah melihat proses penyembelihan hewan di RPH So Good, dia menilai PT So Good Food telah mengikuti aturan yang ditetapkan.

“Mulai dari penyembelihan sampai pencabutan bulu, itu kemarin kita bicara (jarak waktu) itu 3 menit. Ini (jarak waktunya) sampai 5 menit, artinya matinya dari penyembelihan. Saya harap ada RPH di luar perusahaan besar ini juga mengikuti, memberikan jaminan juga ke masyarakat,” ucap Taj Yasin.

Lebih jauh, Taj Yasin mengatakan Juru Sembelih Halal (Juleha) yang sudah dilatih oleh Pemprov Jateng dapat diserap oleh perusahaan seperti PT So Good Food.

Kata dia, program Pemprov Jateng dalam melatih Juleha untuk menyediakan tenaga yang tersertifikasi dan mampu menyembelih hewan secara halal.

Hal itu, sesuai dengan misinya memberikan jaminan kepada masyarakat supaya mendapatkan kuliner halal.

“Saya harap, dengan Program Juleha ini bisa diserap tenaga kerjanya di So Good, (dan) di perusahaan lain,” tutupnya.***

Comments

comments