Menteri Susi Pudjiastuti Terima Gelar Wadonna Pinunjul dari BOMA

oleh -

JAKARTA – Baresan Olot Masyarakat Adat ( BOMA ) Jawa Barat menganugrahkan gelar adat Wadonna Pinunjul atau Wanita Berprestasi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti di Ballroom Gedung Mina Bahari III Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Rabu (19/7/2017). 

BOMA hadir dipimpin oleh Duta Sawala (Sekjen) Eka Santosa beserta 40 orang Olot (pemuka adat) dari 20 kasepuhan wilayah masyarakat adat di Jawa Barat. 

Pada prosesi adat penganugerahan gelar Wadonna Pinunjul tersebut dimulai dengan acara ritual doa raja bubuka dan rajah pamunah rasa oleh BOMA. Setelah itu ditampilkan kesenian buhun diiringi tarian tradisional tarawangsa dari Kampung Adat Rancakalong, tarian tradisi yang dianggap sakral dengan pelibatan para pemain. 

Dijelaskan oleh Eka Santosa pada sambutannnya, “Sebagai dewan kasepuhan masyarakat adat, kami mengemban kearifan lokal. Perlu diketahui, BOMA adalah salah satu masyarakat tradisi yang masih bertahan. Masyarakat adat diyakini adalah akar dari budaya bangsa Indonesia. Dan terkait dengan penganugerahan gelar Wadonna Pinunjul ini, kami menilai ada anak bangsa yang mempunyai kekhususan dan potensi. Mata para Olot sudah tertuju kepada Ibu Susi sejak tahun 2012 pada gelaran acara tahunan di Pangandaran sebagai figur yang unggul dan berani,” jelas Eka Santosa.

Eka menambahkan, pada gempungan (rapat) Olot sebelumnya, memberikan apresiasi kepada Ibu Susi dan menitipkan kepadanya laut, darat, dan udara Indonesia. “Kami dibelakang Ibu Susi untuk menjaga, jangan takut, teruslah maju!,” tegas Eka. 

Setelah penyampaian sambutan dari Eka Santosa, acara dilanjutkan dengan prosesi penganugerahan gelar kehormatan Wadonna Pinunjul. 

Seusai prosesi tersebut Susi Pudjiastuti  memberikan kesan dan sambutannya, “Pertama saya ucapkan selamat idul fitri dan mohon maaf kepada Olot-olot karena beberapa waktu lamanya saya belum berkesempatan menemui para olot disebabkan banyaknya kegiatan dan tugas,” ungkap perempuan kelahiran Pangandaran ini.

Susi mengaku tidak ingin mengecewakan siapapun, “Saya tetap memegang amanah sekuat tenaga sekuat pikiran,” ujarnya. Pernyataannya ini seakan menjawab totalitas dalam menjalankan tugasnya selama ini. 

Susi Pudjiastuti pada kesempatan itu juga membagikan perasaannya baik sebagai seorang pengusaha maupun pejabat negara. “Bekerja dengan sentuhan hati (sayang), akan merasakan kebahagiaan, beban berat akan terasa ringan,” ucapnya. Ia pun mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh BOMA.

Informasi yang diperoleh sorotindonesia, Susi Pudjiastuti adalah perempuan Jawa Barat pertama yang mendapatkan gelar adat kehormatan Wadonna Pinunjul dari BOMA. (*)

BOMA saat memberi anugrah Wadonna Pinunjul kepada Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti saat menerima anugrah kehormatan gelar adat Wadonna Pinunjul dari BOMA di Ballroom Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Comments

comments