Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi Lakbok Utara Serap Tenaga Kerja Lokal, Masyarakat Yang Terdampak Covid-19

oleh -
Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi Lakbok Utara Serap Tenaga Kerja Lokal, Masyarakat Yang Terdampak Covid-19

CIAMIS, (SI) — Proyek rehabilitasi jaringan irigasi Lakbok Utara adalah program Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS Citanduy) Provinsi Jawa Barat, yang dilaksanakan oleh PT Karyakita Putra Pertiwi dengan nilai anggaran sebesar Rp23.270.380.000,-. Proyek ini selain untuk memenuhi kebutuhan air areal pesawahan di wilayah Lakbok, juga guna menyerap tenaga kerja lokal, yang mana saat ini warga sedang kesulitan ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Gapoktan sekaligus tokoh masyarakat Desa Sindangangin Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, H Wahyu, mengatakan bahwa ia bersama masyarakat Lakbok menyambut baik adanya proyek rehabilitasi jaringan irigasi D.I (Daerah Irigasi) Lakbok Utara ini, serta kami mengucapkan terima kasih, karena dengan adanya rehabilitasi jaringan irigasi D.I Lakbok Utara ini, areal pesawahan tidak lagi kesulitan air saat musim kemarau tiba.

“Ya, mudah – mudahan dengan adanya rehabilitasi jaringan irigasi ini, areal pesawahan disekitar Kecamatan Lakbok khususnya, tidak lagi kekurangan air saat kemarau tiba”, ucapnya saat ditemui beberapa waktu lalu di rumahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, adanya rehabilitasi jaringan irigasi D.I Lakbok Utara ini juga adalah salah satu usulan masyarakat dalam Musrenbang.

Ia juga menambahkan, di satu sisi dengan adanya proyek rehabilitasi jaringan irigasi D.I Lakbok Utara ini tentunya banyak menyerap tenaga kerja lokal khususnya masyarakat dan Karang Taruna yang ada di Kecamatan Lakbok, apalagi pada saat sekarang ini kita sedang diserang virus Corona atau Covid-19 yang secara otomatis berdampak terhadap perekonomian kita.

Nah, dengan adanya proyek rehabilitasi jaringan irigasi D.I Lakbok Utara ini, kami sangat berterima kasih, karena ini sangat membantu perekonomian warga, khususnya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis”, ucapnya.

Utamakan Protokol Kesehatan

Sementara itu Widi pelaksana PT Karyakita Putra Pertiwi mengatakan, pengerjaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi D.I Lakbok Utara ini, para pekerja diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yakni sebelum melakukan pekerjaan dilakukan pengecekan suhu tubuh, memakai masker, untuk selalu menjaga jarak dan setelah melakukan pekerjaan melakukan cuci tangan.

“Ya kita menghimbau kepada para pekerja untuk selalu mematuhi protokol kesehatan”, ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting dilakukan untuk bersama – sama membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dan untuk selalu menjaga kesehatan. (Herman)

Comments

comments