Presiden RI: Sudah Sejak Awal Saya Ingatkan, Jangan Korupsi!

oleh -
Presiden RI: Sudah Sejak Awal Saya Ingatkan, Jangan Korupsi!
Presiden RI Joko Widodo

BOGOR, sorotindonesia.com,- Presiden RI Joko Widodo menanggapi atas peristiwa penangkapan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Minggu dini hari tadi, dengan sangkaan tindak pidana korupsi Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Terseretnya Menteri Sosial ke ranah hukum tindak pidana korupsi ini, diduga kuat terkait dengan suap paket bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 untuk masyarakat.

“Tentunya kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor yang disiarkan oleh kanal Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020) siang.

Ditegaskan oleh Jokowi, “Perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi,” tegasnya.

“Sudah sejak awal (diingatkan),” tegasnya lagi.

Presiden juga menegaskan bahwa pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang bisa menutup celah terjadinya korupsi, baik APBN maupun APBD provinsi, kabupaten, dan kota. “Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat,” tekan Presiden.

“Oleh sebab itu, saya juga sudah berulang kali mengingatkan ke semua pejabat negara baik itu menteri, gubernur, bupati, walikota dan semua pejabat, untuk hati-hati dalam menggunakan uang dari APBD kota, APBD provinsi dan APBN. Itu uang rakyat,” ulang Presiden lagi.

Presiden juga menegaskan tidak akan melindungi yang terlibat korupsi, dan pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi mengungkapkan dirinya akan menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk melaksanakan tugas Menteri Sosial.

“Untuk sementara saya menunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos,” pungkasnya.*

Comments

comments