Mahir Gunakan Sangkur, Kini Prajurit TNI Yonif Raider 323/BP Kostrad Latihan Alat Beladiri Double Stick

oleh -
Mahir Gunakan Sangkur, Kini Prajurit TNI Yonif Raider 323/BP Latihan Alat Beladiri Double Stick

BANJAR (SI) — Prajurit Yonif Raider 323/BP melaksanakan kegiatan latihan menggunakan alat beladiri double stick di lapangan Mako Yonif Raider 323/BP Kostrad. Purwaharja, Sabtu (30/07/2022).

Sebagai bagian dari Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Yonif Raider 323/BP (Buaya Putih) adalah salah satu pasukan khusus yang dimiliki oleh negara Indonesia, khususnya TNI AD. Untuk menunjang predikat Kostrad sebagai salah satu pasukan elit, maka pimpinan tertinggi Kostrad mewajibkan kepada seluruh prajuritnya memiliki kemampuan bermain double stick.

Double stick merupakan senjata yang biasa digunakan dalam beladiri, dimana alat yang populer dimainkan oleh tokoh film kungfu, Bruce Lee, menjadi senjata yang bisa melumpuhkan lawan bahkan bisa sangat mematikan apabila di kombinasikan dengan gerakan beladiri lainnya.

Komandan Yonif Raider 323/BP Kostrad, Letkol Inf Triyono Hadiyanto, S.Sos., mengatakan bahwa dengan memiliki keahlian bermain double stick, menjadi salah satu senjata bagi prajurit untuk menghadapi segala situasi dan kondisi yang terkadang tidak dapat diprediksi.

“Seni beladiri yang digabungkan menggunakan double stick sebagai senjata, merupakan suatu sistem yang sangat efektif dan efesien, dikarenakan terdapat bermacam – macam teknik seperti teknik tendangan, pukulan, bantingan, lemparan, bergulat, jatuhan, tehnik kuncian dan ditambah double stick sebagai senjata. Sehingga hal ini semakin menarik dan sangat menantang bagi prajurit untuk meningkatkan fisik dan mental”, ungkapnya.

Dalam latihan double stick ini diperlukan kosentrasi dan keseriusan yang tinggi karena efek dari kesalahan melaksanakan suatu gerakan akan berakibat fatal. Resiko yang akan diakibatkan apabila tidak mengikuti arahan pelatih lebih besar, minimal memar terkena benturan di lutut, kepala, pinggang dan sikut.

“Maka dari itu, saya menekankan kepada seluruh prajurit agar tetap menjaga dan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan”, pesan Danyonif Raider 323/Buaya Putih Letkol Inf Triyono Hadiyanto. (*)

Comments

comments