Latihan Pratugas Sesuai Dengan Kondisi Terkini Di Medan Operasi

oleh -
Latihan Pratugas Sesuai Dengan Kondisi Terkini Di Medan Operasi

Ciamis,- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., didampingi para Asisten Kasdam III/Slw dan para Kabalakdam III/Slw serta pejabat Kodam lainnya melaksanakan pengecekan dan peninjauan pelaksanaan Latihan Pratugas Batalyon Arteleri Medan (Yonarmed) 5/105 Tarik, yang dipersiapkan untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia.

Hal itu disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di sela-sela kegiatan mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo di Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/4/2022).

“Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, melaksanakan pengecekan dan peninjauan satuan Yonarmed 5/105 Tarik yang sedang melaksanakan latihan pratugas. Latihan menggunakan daerah Ciamis pada Rabu, 20 April 2022 kemarin. Satuan ini dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia wilayah Kalimantan Utara, ujar Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Lanjutnya menuturkan, untuk pemilihan daerah latihan di wilayah Ciamis, medan latihan tersebut tidak jauh beda dengan medan operasi yang di Kalimantan Utara. Selain itu, latihan harus dilaksanakan sesuai dengan perkembangan situasi terkini yang ada di medan operasi nantinya. Informasi tentang kendala yang dihadapi saat dalam melaksanakan tugas pokok satgas pengamanan perbatasan, menjadi langkah tindakan Danyon Satgas dalam latihan kali ini.

Sementara kendala teknis terkait perlengkapan perorangan prajurit menjadi prioritas harus tuntas selama latihan. Pada kesempatan tersebut juga Pangdam III/Slw, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, untuk mendukung keberhasilan dalam tugas operasi ke depan, hasil inovasi prajurit Kodam III/Siliwangi dapat dijadikan solusi penyelesaian sesuai peruntukannya.

“Inovasi tersebut dapat digunakan oleh Satgas Yonarmed 5/105 Tarik dalam melakukan pembinaan wilayah perbatasan dalam mendukung tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan,” tutur Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Di akhir arahannya Pangdam III/Slw mengingatkan kepada Dansatgas dan kepada para Danpos agar menyampaikan dan yakinkan prajurit mengetahui tugas perorangan dan dukungan pimpinan dalam melakukan tugas sangat dibutuhkan prajurit. Peran Komandan Pos selalu melakukan pengawasan melekat agar sesuai dengan Prosedur Tetap yang sudah ditetapkan, pungkasnya.

Comments

comments