Kunjungi Ruang Baca Komunitas, Ini Yang Disosialisasikan KPU Kota Banjar

oleh -
Kunjungi Ruang Baca Komunitas, Ini Yang Disosialisasikan KPU Kota Banjar
Kunjungan kerja KPU Kota Banjar ke Ruang Baca Komunitas. [Foto: Dok.Ist]

BANJAR (SI) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih berkelanjutan (Sustainable Voter Education) untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 serta sebagai bentuk pelaksanaan dari himbauan KPU Provinsi Jawa Barat melalui surat no. 604/PK.02.2-SD/32/Prov/IV/2021 terkait gerakan meningkatkan literasi elektoral.

Kegiatan sosialisasi tersebut salasatunya dilaksanakan saat melakukan kunjungan kerja ke Ruang Baca Komunitas (RBK) Kota Banjar, Kamis (3/6/2021).

Dikutip dari laman KPU Kota Banjar, Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk menguatkan kerjasama dengan gerakan literasi publik dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Banjar serta upaya untuk mewujudkan peningkatan kuantitas dan kualitas partisipasi elektoral warga (pemilih) di Jawa Barat khususnya di Kota Banjar dan diharapkan mampu melampaui target yang ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia.

Kunjungan kerja ini juga diselingi dengan diskusi santai antara seluruh Komisioner KPU Kota Banjar dengan pendiri dari Ruang Baca Komunitas Kota Banjar, Sofian Munawar, M.A.

KPU Kota Banjar merasa kerjasama dengan Ruang Baca Komunitas (RBK) Kota Banjar ini dapat menggerakan minat literasi publik serta mampu mengkurasi informasi yang bersifat fakta atau hoax, khususnya terkait pemilu.

Sofian Munawar sangat mengapresiasi langkah KPU Kota Banjar dalam usahanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan melakukan optimalisasi sosialisasi pemilih di bidang literasi.

Ia berharap, kunjungan kerja ini juga merupakan salah satu jalan baik bagi Ruang Baca Komunitas (RBK) Kota Banjar maupun KPU Kota Banjar dalam hal kolaborasi terkait peningkatan literasi melalui beberapa kegiatan yang bisa direncanakan.

Kesempatan tersebut ia juga memberikan masukan terkait tes badan Adhock seperti PPK sampai KPPS pada pemilu serentak nanti di Kota Banjar untuk bisa memasukan tes pembuatan essay mengenai ke-demokrasi-an.

Lebih lanjut dikatakannya, Divisi Sosparmas KPU Kota Banjar nantinya dapat menawarkan ke kalangan muda terkait konsep Demokrasi Elektoral.

“Eksekusinya nanti dapat berupa sayembara tulisan ataupun workshop tentang Demokrasi Elektoral. Hasil akhirnya, tulisan-tulisan tersebut dapat dibukukan dan menjadi bekal untuk melakukan sosialisasi pemilih di masa yang akan datang. Penulisnya juga nanti dapat melakukan bedah buku dan memvisualisasikan isi tulisan yang dibuat melalui channel podcast yang dimiliki KPU Kota Banjar, sehingga di segi sosialisasi digital pun ikut terpenuhi”, terang Sofian Munawar.

Sementara itu Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis, menilai ide dan usulan yang dilontarkan oleh RBK Kota Banjar sangat menarik.

“Dengan adanya usul tersebut, KPU Kota Banjar dapat melihat apa ekspektasi dari para pemilih muda di Kota Banjar”, harapnya.

Ia juga mengungkapkan harapan, dengan adanya saran dan usulan yang masuk tersebut dapat menjadikan sosialisasi yang digelar oleh KPU Kota Banjar kedepannya dapat bisa lebih variatif dan inovatif, sehingga kegiatan sosialisasi dapat berjalan dengan baik”, pungkas Dani Danial Mukhlis.

Comments

comments