Indonesia Masuk Peringkat Utama Terindah di Dunia, Ronny Sompie : Sulut Miliki Pesona Keindahan Panorama Alam dan Budaya yang Menakjubkan

oleh -
Indonesia Masuk Peringkat Utama Terindah di Dunia, Ronny Sompie : Sulut Miliki Keindahan Destinasi Wisata Menakjubkan
Model bawah permukaan air, Mermaid Pia saat menyelam pada kedalaman kurang lebih 15 meter di salasatu dive site Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, untuk promosi Wonderful Indonesia.

MANADO, sorotindonesia.com –¬†Indonesia menempati peringkat pertama daftar peringkat negara-negara dengan panorama dan kondisi alam terindah di dunia yang dirilis dari lembaga situs analisis survei asal Inggris money.co.uk.

Potensi keindahan alam dan budaya yang menyebar di seantero nusantara, menjadikan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong dari mancanegara dengan destinasi wisata populer saat ini adalah Bali.

Lebih dari 17 ribu pulau dan lebih dari 50 ribu km garis pantai, Indonesia menawarkan banyak pilihan destinasi wisata yang beragam. Keindahan kilaunya Indonesia seperti tidak akan ada habisnya.

Tokoh nasional asal Sulut Irjen Pol Purn Dr Ronny F. Sompie, S.H.,M.H., pun menyoroti daya pikat wisata di daerah nyiur melambai yang menyajikan pesona diantaranya keindahan wisata alam laut dan spot penyelaman taman terumbu karang serta pegunungan, danau, juga budaya.

“Berdasarkan potensi yang dimiliki, maka Sulut bisa memanfaatkan wisata alam dan wisata budaya yang menjadi andalan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai Negara terindah di dunia,” kata mantan Kapolda Bali ini.

Menurutnya, guna mengelola potensi destinasi wisata di Sulut yang luar biasa indah ini, konsep pentahelix merupakan suatu keniscayaan agar Sulut bisa maju dan dikenal ke seantero dunia, seperti halnya Bali yang bisa menjadi salasatu contoh.

“Caranya dengan belajar banyak dari daerah lain yang sudah lebih dulu menyiapkan dan mengelola wisata alam dan wisata budaya sebagai kolaborasi daya tarik bagi para wisatawan domestik dan mancanegara agar mereka dapat menikmati lebih lama waktunya di Indonesia. Seperti di Bali dengan Pure Tanah Lot dan beberapa obyek wisata alam yang dimiliki, juga Yogyakarta dengan keindahan Candi Borobudur dan Candi Prambanan,” urai Sompie.

Kehebatan kedua daerah ini dalam memajukan Pariwisata daerahnya masing-masing, lanjutnya, adalah kemampuan pemda masing-masing dalam melibatkan masyarakat dalam menggelar semua potensi alam dan budaya.

Irjen Pol Purn Dr. Ronny F. Sompie, S.H.,M.H.

Dalam rangka mengembangkan potensi wisata alam di Sulut ini, putra asli Tonsea ini berkomitmen untuk turut memajukan pamor pariwisata di Sulut, terlebih setelah KEK Likupang ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Skala Prioritas (DSP) oleh Kemenparekraf dan potensi wisata alam lainnya di Sulut yang terbentang dari Nusa Utara Raya, Minahasa Raya sampai ke Bolmong Raya.

“Potensi keindahan alam di Sulut yang melebihi Bali dan Yogyakarta perlu lebih dieksplor dan digelorakan untuk dikembangkan dengan kolaborasi wisata budaya Sulut yang beraneka ragam. Caranya adalah melibatkan rakyat sebagai stakeholder utama dalam pengembangan wisata,” kata mantan Kapolda Bali yang kini jadi kader dan caleg Partai Golkar untuk DPR RI dari daerah pemilihan Sulut nomor urut 3 ini.

Pulau Siladen. [foto: chse.kemenparekraf.go.id]

“Sudah sejak lama Sulawesi Utara menjadi salah satu destinasi tujuan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang tiada duanya. Baik itu menyelam, snorkeling, hingga fokus mencari ketenangan dalam wisata rohani. Terlebih kini muncul ‘nama baru’ dari Sulawesi Utara yang digadang-gadang menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara, yakni Likupang,” pungkas Ronny Sompie yang memiliki tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah RI yang disematkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2019 lalu.*

Comments

comments