Gunung Anak Krakatau Erupsi, Status Level 3 Siaga

oleh -
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Status Level 3 Siaga

BANDUNG – Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi yang terjadi pukul 17.12 WIB. Erupsi tersebut terpantau dan terekam oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) Badan Geologi KESDM melalui CCTV yang terpasang di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau, Pulau Sertung.

Tinggi kolom abu berwarna kelanu teramati lebih kurang 400 meter di atas puncak atau sekitar 557 meter di atas permukaan laut dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini juga terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 49 mm dan durasi kurang lebih 30 detik. Namun demikian, dari pengamatan, tidak terdengar suara dentuman.

Atas peristiwa tersebut, Badan Geologi menyampaikan rekomendasi agar masyarakat untuk sementara tidak beraktifitas dalam jarak radius 5 Km dari kawah aktif.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level III (Siaga), untuk masyarakat baik pengunjung, wisatawan, pendaki, tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif,” kata Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono, Sabtu (25/6/2022).

Comments

comments