BBWS Citanduy Bersama KP2KP Gelar Sosialisasi Dan Bimtek Penyampaian SPT Tahunan Kepada Kelompok P3A

oleh -
BBWS Citanduy Bersama KP2KP Gelar Sosialisasi Dan Bimtek Penyampaian SPT Tahunan Kepada Kelompok P3A

BANJAR, (SI) — Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (Satker OP SDA) bersama Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kota Banjar menggelar sosialisasi sekaligus bimbingan teknis penyampaian SPT tahunan bagi para Petani Pemakai Air (P3A) tahun pajak 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasatker OPSDA BBWS Citanduy Mujari, ST., M. Si., MT., Kepala KP2KP Kota Banjar para ketua kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dari Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, Selasa (26/4/22) bertempat di Graha Banjar Idaman, Jalan Tentara Pelajar, Mekarsari, Kota Banjar Jawa Barat.

Menurut Mujani Kasatker OP SDA BBWS Citanduy, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan bagi para P3A. Selain sebagai edukasi bagi para P3A, kegiatan ini juga memudahkan mereka dalam menyampaikan laporan SPT.

“Karena kelompok P3A ini berbadan hukum jadi mereka wajib melaporkan pajak tahunan, jadi itu yang disampaikan oleh teman-teman dari perpajakan. Kami dari pihak BBWS hanya memfasilitasi,” ujarnya.

Ia juga sangat mengapresiasi pihak dari KP2KP atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, banyak P3A yang belum mengetahui terkait SPT tahunan ini.

“Tentu ini salah satu bentuk pelayanan publik yang bagus dari pihak perpajakan, mereka tidak serta-merta memutuskan ketika telat langsung didenda tapi mereka melakukan edukasi dan sosialisasi dahulu. Sehingga, para P3A ini bisa memahami aturan yang ada,” jelasnya.

Ia mengatakan, setelah kegiatan ini, para peserta yang hadir diharapkan bisa lebih tertib membayar pajak tahunan.

Selain itu, ia juga berharap para peserta bisa memahami bagaimana cara mengisi SPT tahunan sesuai aturan. Sehingga, nantinya bisa menghindari kesalahan dalam pelaporan.

“Mereka juga harus tahu, kalau telat atau tidak melaporkan pajak tahunan ada denda yang harus dibayar sebesar 1 juta rupiah. Semoga setelah kegiatan ini mereka lebih teredukasi,” ungkapnya. (Herman)

Comments

comments