Bawaslu Kota Banjar Gelar Apel Kesiapan Pemilu 2024

oleh -
Bawaslu Kota Banjar Gelar Apel Kesiapan Pemilu 2024

BANJAR, (SI) — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar menggelar apel siaga pengawas Pemilu sebagai awal tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Kegiatan apel kesiapan tersebut dilaksanakan secara serentak se-Indonesia, Selasa (14/6/2022).

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, S.Hi., dalam amanatnya mengatakan, hari ini, tepat tanggal 14 Juni 2022 merupakan awal tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 sesuai dengan PKPU No 3 Tahun 2022.

Dikatakan Irfan, apel siaga pengawas pemilu serentak se-Indonesia bertujuan mengecek kesiapan Penyelenggaraan Pemilu dalam melaksanakan fungsi- fungsi pencegahan, pengawasan, penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Proses.

“Karena untuk pertama kalinya Indonesia menyelengarakan Pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024, yang dalam hal ini mengacu kepada UU No 7 tahun 2017 tahapan Pemilu berlangsung selama 20 bulan. Oleh karena itu, kita Bawaslu Kota Banjar selaku Penyelenggaraan Pemilu harus siaga dan aktif dalam melaksanakan tanggung jawab kita sebagai lembaga pengawas pemilu yang menciptakan pemilu yang luber, dan jurdil”, tandanya.

Lanjut katanya, Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu ini dapat pula dijadikan momentum untuk memberikan edukasi kepada Pelaksana Teknis di lapangan agar dapat meningkatkan SDM dan memotivasi mereka dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta tanggung jawabnya.

“Karena, Pemilu Serentak 2024 membutuhkan penanganan dan penyelesaian secara kelembagaan yang lebih serius dan sistematis. Dengan kesiapan yang matang disertai evaluasi diri diharapkan kita mampu menciptakan pemilu yang adil dan berintegritas.

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. (*)

Comments

comments