Batalyon Armed 5/105 Tarik Bersiap Amankan Perbatasan RI – Malaysia

oleh -
Batalyon Armed 5/105 Tarik Siap Amankan Perbatasan RI - Malaysia

CIANJUR – Batalyon Arteleri Medan (Yonarmed) 5/105 Tarik adalah Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) organik dibawah Komando Kodam III/Siliwangi, siap melaksanakan Latihan Pratugas dalam rangka kesiapan Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia (RI) – Malaysia.

“Benar, Yonarmed 5/105 Tarik yang bermarkas di Cipanas Cianjur, hari ini sedang melakukan pergeseran pasukan untuk melaksanakan latihan pratugas. Satuan ini dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia wilayah Kalimantan Utara,” ujar Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi di Kantor Pendam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Minggu (17/4/2022).

Lanjut Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menyampaikan, satuan yang mendapat tugas operasi wajib melaksanakan latihan pratugas, guna meningkatkan keterampilan serta menambah pengetahuan para prajurit agar dalam pengaplikasiannya di medan tugas dapat mencapai sasaran yang optimal.

‚ÄúPergeseran pasukan ini merupakan rangkaian Latihan Pratugas untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para Prajurit Yonmed 5/105 Tarik agar dapat mengantisipasi permasalahan di perbatasan baik taktis maupun teknis,” terang Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Sementara latihan, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, akan dilaksanakan selama 7 hari kedepan dimulai 18 hingga 24 April 2022, dan pemberangkatan dipimpin Danyon Armed 5/105 Tarik Mayor Arm Yan Octa Rombenanta, berangkat dari Makoyonarmed menuju daerah latihan Banjar Jawa Barat. Selain dilatih kemampuan tempur dalam pelaksanaan latihan tersebut juga akan melaksanakan kegiatan teritorial, bakti sosial seperti khitanan massal dilakukan juga door to door serta pengobatan massal. Selain itu pada bidang pertanian, perikanan hingga ekonomi kreatif.

Dalam latihan nanti lebih diutamakan menggunakan sasaran yang sebenarnya dihadapkan pada tugas pokok sebagai pasukan pengamanan perbatasan. Pelatih berfungsi sebagai pengawas jalannya latihan, peran masyarakat dalam menjalankan aktifitas keseharian dikombinasikan dengan materi latihannya, tuturnya.

Di akhir, dikatakan Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, dalam rangkaian kegiatan latihan penyiapan pratugas, Yonarmed 5/105 Tarik/PG menggunakan 30 kendaraan angkut dan alat perlengkapan tempur serta materiil senjata perorangan. Pasukan akan melintasi Cianjur – Cipapat – Padalarang – Cileunyi/Nagrek – Jl. Raya Banjar – Pangandaran – hingga masuk daerah latihan, pungkasnya.***

Comments

comments