Antisipasi Banjir, Satgas Citarum Sinergi Bersama Warga Angkat Sampah Di Jembatan Kereta Haurpugur

oleh
Antisipasi Banjir, Satgas Citarum Sinergi Bersama Warga Angkat Sampah Di Jembatan Kereta Haurpugur
[Foto: Dok, Istimewa]

Kab. Bandung, sorotindonesia.com,- Sektor 21 Satgas Citarum Subsektor 01/Rancaekek bersinergi dengan warga mengangkat tumpukan sampah yang menyangkut di jembatan kereta api di Kampung Cabok Kaler Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/10/2018).

Kegiatan kerja bakti yang melibatkan tidak kurang dari 100 warga masyarakat dan jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-01 ini, berhasil mengangkat puluhan kubik sampah beragam jenis di aliran Sungai Citarik yang kerap menimbulkan banjir kala turun hujan deras, terlebih kini sudah masuk musim penghujan. Tampak sampah yang tertahan itu berupa potongan-potongan ranting bambu dan sampah plastik yang terbawa arus air dan menyangkut di jembatan rel kereta api sehingga terjadi penumpukan.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Danramil Rancaekek selaku Dansubsektor 21-01 Kapten Inf Ujang Mulyana mengungkapkan, “Wilayah itu tiap musim hujan sering kena banjir, karena air terhalang oleh jembatan kereta dekat stasiun Haurpugur, yang jarak antara jembatan dengan permukaan air sangat pendek,” ungkapnya.

Alhamdulillah, kita bersama warga masyarakat berhasil mengangkat sampah yang begitu banyak,” ujar Dansubsektor.

Cara yang digunakan untuk membersihkan, menurut Dansubsektor, adalah dengan memanfaatkan tali tambang pakai cantolan besi dan di tarik sama-sama. Masyarakat yang berpartisipasi begitu semangat, di harapkan pas turun hujan deras tidak terhambat lagi oleh sampah yang menyangkut di jembatan, yang mengakibatkan air tertahan dan berdampak menggenangi Kampung Gandok, Kampung Cabok dan Kampung Tegal Tengah.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa dan Apdes Desa Haurpugur, warga RW 01, RW 02 serta Gober.

Sebelumnya, Dansektor pernah meminta kepada jajarannya untuk terus bergiat memerangi sampah sungai dan mengimbau warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke aliran air. [*]

Kondisi jembatan kereta api Kampung Cabok Kaler, Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek setelah sampah yang menumpuk dibawah jembatan tersebut berhasil dibersihkan oleh jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 21-01 yang bersinergi bersama warga dan aparat desa, Sabtu (27/10/2018).
Kondisi jembatan kereta api Kampung Cabok Kaler, Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek setelah sampah yang menumpuk di aliran sungai bawah jembatan tersebut berhasil dibersihkan oleh jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 21-01 yang bersinergi bersama warga dan aparat desa, Sabtu (27/10/2018).

Comments

comments