Warga Desa Tahujan Ontu Satu Suara Menolak Penentuan Tapal Batas Dengan Kelurahan Beriwit

oleh -
tapal batas
Suasana Rapat Sosialisasi Tentang Batas Desa Tahujan Ontu dengan Kelurahan Beriwit, Selasa malam (28/2/2017)

Murung Raya, sorotindonesia.com – Tapal batas antara Kelurahan Beriwit Kecamatan Murung dan Desa Tahujan Ontu Kecamatan Tanah Siang Selatan Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah masih belum terselesaikan hingga saat ini.

Masyarakat Desa Tahujan Ontu bersama dengan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat melakukan rapat penolakan tentang Tapal Batas antara Desa mereka yakni Desa Tahujan Ontu dengan Kelurahan Beriwit yang dilaksanakan di Kantor Desa Tahujan Ontu, Selasa ( 28 / 02 / 2017 ).

Tokoh masyarakat LITAR. N yang juga menjabat sebagai Ketua RT. I Desa Tahujan Ontu mengatakan “ Berdasarkan penuturan sejarah, batas antara Desa Tahujan Ontu dan Kelurahan Beriwit bukan seperti yang telah tertuang di dalam Perbup Nomor 1 Tahun 2017 Pasal 10 Point a – g. Batas ulayat yang menjadi batas desa dan batas ulayat itu di akui secara turun – temurun “ ucapnya.

“ Mari kita duduk bersama dengan Kelurahan Beriwit yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah  Kabupaten Murung Raya untuk membuka kembali histori / sejarah Desa Tahujan Ontu yang dulunya secara administrasi berada di wilayah Kecamatan Tanah Siang dan sekarang secara administrasi berada di wilayah Kecamatan Tanah Siang Selatan. Warga Desa Tahujan Ontu tidak pernah mengklaim yang bukan wilayah dari Desanya, dan warga Kelurahan Beriwit juga tidak berhak mengklaim, “ LITAR.N menegaskan perkataannya.

Sementara itu Tokoh Adat Desa Tahujan Ontu, TILAK TRIANTO membenarkan cerita LITAR. N. Menurut TILAK, batas antara Desa Tahujan Ontu dan Keluhan Beriwit tepatnya di Sungai Musak sebelah kiri mudik.

“ Saya menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya, dalam menentukan batas Desa agar selalu transparan dan selalu melibatkan tokoh – tokoh masyarakat, tokoh adat dan para penetua desa / kampung. Jangan hanya Kepala Desanya saja yang diundang, “ ucap Kepala Adat kepada Wartawan Sorot Investigasi Indonesia Kalteng. 

Ditempat yang sama IYUSMANTO yang juga Kepala Desa Tahujan Ontu menjelaskan “ Saya telah melaksanakan kewajiban saya agar secepatnya mensosialisasikan Perbup Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Penetapan Dan Penegasan Batas Kelurahan Beriwit Dengan Desa Bahitom, Desa Juking Pajang, Desa Muara Jaan Kecamatan Murung Dan Desa Tahujan Ontu Kecamatan Tanah Siang Selatan Serta Desa Sungai Lunuk Kecamatan Tanah Siang. Dan rapat sosialisasi ini telah saya laksanakan sebanyak 3 ( tiga ) kali sejak saya menerima Perbup ini, akan tetapi hasilnya masyarakat tetap menolak antara batas Desa Tahujan Ontu dengan Kelurahan Beriwit, “ ungkapnya.

Kades juga menambahkan “ Sikap warga Desanya itu bukan berarti mereka menutup ruang komunikasi. Justru mereka menghendaki agar Pemerintah Daerah segera mangambil langkah penyelesaian untuk duduk bersama, “ ucap Iyus sapaan akrabnya. ( Fss / Yud )

Comments

comments