Singa Depok Karawang

oleh
Singa Depok Karawang

Keberadaan Singa Depok Karawang sebagai kebudayaan Indonesia kian redup. Seiring perkembangan di jaman sekarang ini banyak berbagai macam suguhan dari dunia hiburan di tanah air dan mancanegara. antara lain semakin majunya teknologi komunikasi dan maraknya dunia hiburan yang disuguhkan dalam media cetak, televisi dan radio. 

Semakin banyaknya hiburan yang disuguhkan berupa film-film telenovela, musik dan berbagai macam tarian yang bersifat modern, yang bisa mengikis budaya Indonesia dan sejarah yang lambat laun semakin terkontaminasi oleh budaya luar ataupun perkembangan jaman. Sangatlah disayangkan bila budaya kita yang begitu banyak dan beraneka ragam suku, bahasa ini semakin hari hanya tinggal sebuah “Cerita/Dongeng” semata.

Namun patut kita Apresiasikan tentang niat Saudara-saudara kita ini bahwa uang bukanlah menjadi satu halangan untuk tetap berkarya dan masih mau berjuang demi melestarikan Budaya di NKRI ini, Dengan segala Kemampuan dan Potensi yang ada di daerahnya, mereka tetap menampilkan “ciri khas” seni budaya asal daerahnya. Baik dalam bentuk Tarian, Pencak Silat, Kuliner atau pun bentuk Permainan Anak-anak yang dulu pernah ada di daerahnya yang dirangkum menjadi sebuah seni yang dinamakan SISINGAAN atau yang biasa disebut juga oleh masyarakat pada umumnya adalah ODONG-ODONG,

Karawang adalah salah satu wilayah yang berada di daerah provinsi Jawa Barat, adalah salah satu daerah yang kaya dengan seni budaya. Seni tari Jaipongan, Pencak Silat, dan Seni Suara yang bertemakan ciri kedaerahan mereka. Secara turun temurun mereka upayakan untuk “Melestarikan Budaya” di daerah dan luar daerah sampai sekarang ini. Dengan segala Keterbatasan Peralatan dan berbagai aspek penunjang lainnya. Para “Penggiat Budaya” ini tetap tampil di tengah persaingan yang sangat luas. Dengan masuknya “Seni Budaya Asing” akibat Globalisasi di seluruh aspek kehidupan kita.

Singa Depok Karawang

Di sebelah Utara Karawang, di bilangan Rengas Dengklok, terdapat satu Sanggar Seni Budaya Karawang diantaranya adalah “SINGA DEPOK KAREBONG EMAS” Saman Group. Di bawah Pimpinan Abah Usin Asuhan Bapak predo yang beralamatkan Desa cijeruk Kecamatan cibuaya Kabupaten Karawang. Senantiasa siap memberikan sajian hiburan SISINGAAN/ODONG-ODONG dengan Latar Budaya Karawang.

Di daerah Mustika Jaya Kodya Bekasi, Jurnalis Investigasi SOROT INDONESIA. Berkesempatan meliput salah satu sajian budaya dari Sanggar Singa Depok Karawang ini, dalam sebuah Acara Walmatul Khitan. Acara yang berlangsung di hari Sabtu,09 Januari 2016, bertambah semarak dengan adanya Penampilan Odong-odong atau biasa juga di sebut Sisinga-an. Hal yang bisa di sebut “jarang terjadi” di jaman sekarang ini. Di mana masyarakat lebih sering di suguhkan dengan “Tarian Modern” atau atraksi yang tidak berakar budaya kita sendiri.

Di acara ini, ada 3 buah properti berbentuk Singa, yang akan di jadikan tunggangan anak yang di sunat/khitan. Biasanya di naiki oleh keluarga dekat dari yang punya hajat. Ada 2 penari tampil di depan yang akan memandu “arak-arakan” Manten Sunat ini. Sekelompok pemusik dan sinden yang ada dalam Gerobak Musik yang selalu mengiringi rombongan berkeliling dengan lantunan lagu sunda khas Karawang.

Comments

comments