Siapa Bilang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Susah

Siapa Bilang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Susah

Dulu masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor akan direpotkan dengan pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lantaran harus mendatangi kantor SAMSAT.  Kini membayar PKB bisa lebih mudah dan cepat, yakni lewat ATM, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor Samsat.

PT Bank Central Asia, tbk (BCA) sebagai salah satu bank yang beroperasi di Indonesia termasuk di Jawa Barat (Jabar), memberikan dukungan penuh atas suksesnya penyelenggaraan pembangunan. Salah satu dukungan yang diberikan di antaranya memberikan kemudahan dan kenyamanan wajib pajak dalam membayar PKB untuk Provinsi Jabar melalui ATM BCA bekerjasama dengan Samsat Jawa Barat (Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Jasa Raharja Jawa Barat).

“Sebagai bank yang memiliki visi menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia dan sebagai upaya untuk terus memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Provinsi Jawa Barat, khususnya nasabah BCA dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), BCA melakukan kerja sama ini,” ujar Senior General Manager Head of Consumer Card BCA Santoso di Halaman Gedung Merdeka, Cikapundung, Bandung, Rabu (27/4/2016).

Santoso menambahkan, alternatif pembayaran ini diharapkan dapat menjawab tantangan yang dialami wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya. Wajib pajak tidak perlu lagi datang ke Kantor Samsat karena melalui ATM BCA, warga Jawa Barat kini dapat dengan mudah membayar pajak kendaraan bermotor kapan saja dan di mana saja.

Baca:   Awal Mei Dirlantas Polda Metro dan Pemprov DKI Razia STNK Tidak Sah dan Belum Daftar Ulang

Senada dengan Santoso, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang hadir dalam acara tersebut  juga merasakan bahwa dengan kerjasama tersebut dapat  memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pembayaran PKB.

Inovasi e-samsat juga mempercepat pembayaran PKB, lanjut pria yang akrab disapa Aher itu. “Biasa pembayaran PKB secara manual memakan waktu lama, namun sekarang bisa dilakukan hanya dengan 5 menit saja,” ujarnya.

Wajib pajak cukup mendaftar dengan mengetik sms ke Samsat Jabar 08112119211 dengan format:  esamsat (spasi) no rangka (spasi) NIK KTP. Setelah itu, nasabah akan menerima jawaban spesifikasi kendaraan, jumlah tagihan dan kode bayar.

Dengan menggunakan kode bayar tersebut, pewajib pajak dapat melakukan pembayaran di ATM BCA (implementasi di ATM akan dilakukan secara  bertahap) yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mengikuti petunjuk yang ada. Bukti transaksi pembayaran di ATM tersebut dapat menjadi bukti yang sama dan sah  dengan bukti yang dikeluarkan oleh Samsat untuk pembayaran resmi.

Komitmen untuk mendukung penerimaan daerah melalui pajak bukanlah yang pertama bagi BCA. Selain dengan Jabar komitmen tersebut dilakukan dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Tangerang Selatan dalam pembayaran  Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui ATM BCA.

“BCA berharap dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh BCA, masyarakat tidak lagi mengalami kendala dalam membayar pajak, sehingga ke depannya penerimaan pajak dapat meningkat,” kata Santoso.  (Webtorial)

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.