Peringati Hari Pahlawan, Sektor 21 Satgas Citarum Kolaborasi Bersihkan Aliran Sungai Dan Tebar BIOS 44 Serta Tanam Pohon Di Bantaran

oleh -
Peringati Hari Pahlawan, Sektor 21 Satgas Citarum Kolaborasi Bersihkan Aliran Sungai Dan Tebar BIOS 44 Serta Tanam Pohon Di Bantaran
Penuangan formula BIOS 44 di Sungai Cikijing dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021.

BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2021, Sektor 21 Satgas Citarum berkolaborasi dengan elemen masyarakat dan pemerintah melaksanakan giat karya bhakti pembersihan aliran sungai sekaligus menebar cairan formula sejuta manfaat BIOS 44 serta penanaman bibit pohon di bantaran, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini, Sektor 21 Satgas Citarum membagi tiga wilayah, antara lain wilayah timur yang dipusatkan di Rancaekek, wilayah tengah yang dipusatkan di Ciranjeng, dan wilayah barat yang dipusatkan di Lagadar.

Tampak kegiatan di Rancaekek yang berlokasi di Sungai Cikijing, Kampung Walini, Desa Bojongloa, kolaborasi karya bhakti ini melibatkan diantaranya Satgas Citarum Sektor 21 (gabungan Subsektor Rancaekek, Subsektor Cileunyi, Subsektor Ciparay, Subsektor Cicalengka, Subsektor Solokanjeruk, dan Subsektor Sumedang), Pemerintah Desa Bojongloa, komunitas Passer (Pasukan Susur Sungai dan Ekosistem Rancaekek), BBBS (Bandung Bedas Bersih Sampah), Badega, Pramuka, Karang Taruna, dan warga masyarakat.

“Kegiatan hari ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November. Sesuai perintah dari Pangdam III/Siliwangi, yakni penuangan BIOS 44 di aliran sungai kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama masyarakat,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin.

H. Ayeng, Kepala Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, bersama Ketua Passer dan Satgas Citarum Sektor 21 melaksanakan penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Cikijing, Rabu (10/11/2021).

“Harapan saya selaku Dansektor, dengan kegiatan yang sederhana tapi bermanfaat luar biasa ini, bisa mengedukasi masyarakat, bisa mengedukasi generasi muda kita agar tidak lupa dengan jasa-jasa para pahlawan, bagaimana cara mengisi dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan cara-cara yang sesuai dengan kondisi sekarang ini. Mudah-mudahan kedepannya pohon yang telah ditanam ini bisa tumbuh dan membawa manfaat untuk masyarakat di lingkungan kita,” harap Dansektor 21 yang hadir di Sungai Ciranjeng, Desa Sukamukti, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

Makna Hari Pahlawan yang diperingati saat ini, menurut Dansektor 21 adalah untuk mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan, nilai semangat tidak mengenal menyerah lewat cinta tanah air dan semangat untuk berjuang demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peltu Eri Susatio, mewakili tim wilayah tengah menjelaskan bahwa kegiatannya adalah menuangkan sekitar 150 liter BIOS 44 di Sungai Cikijing serta menanam 300 bibit pohon keras di bantaran.

“Kita hari ini melaksanakan pembersihan dan penanaman 300 bibit pohon di bantaran Sungai Cikijing, serta penyiraman 150 liter BIOS 44 ke aliran sungai, sesuai petunjuk dari komando atas. Untuk kegiatan ini yang terlibat dan berparsipasi adalah Satgas Citarum Sektor 21 dari enam subsektor, Kepala Desa Bojongloa dan jajaran, komunitas, dan warga,” kata Peltu Eri.

“Kita merangkul semua pihak dan elemen masyarakat, berharap kegiatan ini berkelanjutan untuk sama-sama kita menjaga ekosistem DAS Citarum,” pungkasnya.

Karya bhakti yang dilaksanakan secara kolaborasi ini pun diapresiasi oleh elemen masyarakat, salasatunya dari Ketua Passer, Andri.

Alhamdulillah, saya bisa dikatakan selaku tuan rumah pada kegiatan kolaborasi ini, komunitas Passer dan mewakili Kwartir Pramuka Ranting Rancaekek, antusiasnya sangat luar biasa. Saya berterimakasih kepada Dansektor 21 Satgas Citarum serta gabungan beberapa Subsektor yang melakukan kegiatan karya bhakti memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 yang luar biasa ini, mudah-mudahan kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi berkelanjutan, terlebih saat ini ada penanaman pohon, sehingga kita harus bisa merawatnya,” beber Andri.

“Semoga kolaborasinya tidak hanya sampai disini, tetapi seterusnya, untuk kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” pungkasnya.

Senada dengan itu, H. Ayeng, Kepala Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, mengapresiasi kegiatan memperingati Hari Pahlawan yang dilaksanakan di daerah aliran sungai bersama Satgas Citarum.

“Saya selaku Kepala Desa Bojongloa, mengapresiasi dan berterimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat pada kegiatan hari ini untuk melaksanakan kegiatan kebersihan Sungai Cikijing serta penyiraman BIOS 44. Harapan saya, khususnya bagi Karang Taruna dan Pramuka, agar merawat yang sudah diprakarsai oleh Satgas Citarum ini,” katanya.

Terkait permasalahan sampah sungai di wilayahnya, Kepala Desa Bojongloa juga merasa terbantu dengan adanya komunitas Passer dan Satgas Citarum.

“Alhamdulillah, sekarang ini dengan adanya Passer dan Satgas Citarum, kami sangat terbantu untuk permasalahan sampah,” ujarnya.

Apresiasi juga datang dari BBWS Citarum yang turut meninjau kegiatan kolaborasi ini.

“Ini positif, kegiatannya di Sungai Cikijing yang merupakan saluran baru, jadi memang belum ada pemeliharaan dan saat ini terbantu dengan adanya Satgas Citarum Sektor 21,” jelas Toni, juru Sungai Citarik, Sungai Cikeruh dan Sungai Cikijing BBWS.

Makna pada peringatan Hari Pahlawan yang saat ini diimplementasikan di aliran sungai, dikatakan oleh Toni, “Pahlawan itu tidak hanya perang, tetapi menjaga lingkungan dan menjaga sungai untuk lebih baik, itu juga pahlawan,” tandasnya.

Comments

comments