KADIN Kota Bandung Gagas Aplikasi SakuSaku Berbasis Android

oleh -
KADIN Kota Bandung Gagas Aplikasi SakuSaku Berbasis Android

Bandung,- Dalam aktifitas sehari-hari, seringkali kita dibuat repot untuk menata perputaran keuangan kita secara detail periodik harian, mingguan atau bulanan. Setidaknya kita dituntut untuk rajin mencatatnya di buku dan menggunakan bantuan alat hitung manual untuk mencocokan setiap transaksi pemasukan dan pengeluaran yang dicatat agar mendapatkan hasil hitungan saldo yang tepat.

Namun kebutuhan untuk mempermudah aktifitas itu kini sudah ada tawaran solusinya, yakni dengan menggunakan aplikasi android yang digagas oleh KADIN kota Bandung dan dinamakan SakuSaku, aplikasi ini mengandung konten pengelolaan keuangan yang mudah pengoperasiannya dan digunakan untuk kebutuhan pencatatan keuangan pribadi maupun digunakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah.

Ketua KADIN kota Bandung Iwa Gartiwa mengungkapkan, “Aplikasi SakuSaku ini ringkas, simpel dan akurat, cukup menggunakan smartphone kita, dan hasil pencatatannya bisa kita print”, ujar Iwa kepada SII di ruang kantornya Jl. Talagabodas kota Bandung, Senin (6/2).

Ini menunjukan bahwa era digital semakin menuntut persaingan hasil kerja yang baik dan efisien, sehingga KADIN ikut menjawab tuntutan tersebut dengan mempublikasikan aplikasi SakuSaku, produk kreatif yang manfaatnya bisa dinikmati oleh siapapun terutama oleh UKM.

Menurut Iwa, aplikasi ini ditujukan untuk membantu UKM dalam mengelola keuangannya yang bisa dilakukan setiap saat dan aplikasi ini mudah dipelajari, “Aplikasi SakuSaku ini berbasis android dan sudah published, bisa diunduh di Play Store. Tinggal menunggu acara peluncurannya,” kata Iwa.

Fitur aplikasi SakuSaku selain mencatat transaksi pengeluaran dan penerimaan juga antara lain pemisahan setiap akun cash, bank, kartu kredit dan mencatat transaksi mutasi antar akun keuangan. Fitur lainnya adalah pemisahan transaksi keuangan berdasarkan folder pribadi, bisnis, pekerjaan. (Stanly)

Comments

comments