Tunggu Hitungan Resmi Dari KPU Untuk Pastikan Putaran Kedua

oleh -
Putaran Kedua

Jakarta, Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, Menegaskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masih menunggu hitungan resmi untuk menentukan putaran kedua Pilkada Jakarta. (16/2)

Ia menambahkan, setelah semuat tahapan pemilihan tanggal 15 dan proses perhitungan selesai, baru pada tanggal 4 Maret akan diputuskan apakah ada putaran kedua atau tidak.

“Putaran kedua menunggu hasil resmi kalau misalnya hasil resmi menyatakan tidak ada Pasangan calon yang lebih dari 50 persen dan kalau tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi maka putaran kedua tanggal 19 April 2017,” kata Betty saat dihubungi di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis. seperti dilaporkan antaranews.

Pihaknya sudah mempersiapkan semuanya termasuk anggaran untuk melaksanakan Pilkada putaran kedua kalau memang harus terjadi.

“Anggaran yang sudah kita anggarkan untuk putaran dua tinggal eksekusi kalau ada putusan MK menyatakan bahwa kita tidak ada yang lebih dari 50 persen dan tidak bersengketa kita lanjut putaran kedua, insya Allah sudah siap,” ujarnya.

Proses rekapitulasi suara Pilkada DKI 2017 masih terus berjalan. Aplikasi Sistem Informasi Pemungutan Suara (Situng) hingga hari Kamis (16/2) sudah mencapai 50 persen.

Pelaksanaan Input data dan pemindaian formulir C1 dari hasil pemungutan suara di setiap TPS dilakukan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, semenjak hari Rabu (15/2) sore. Setelah dilakukan pemindaian data langsung diunggah oleh operator. Agar hasilnya bisa dipantau oleh semua masyarakat.

Perhitungan data secara manual di tingkat Kecamatan dimulai tanggal 16 sampai dengan 22 Febuari 2017, kemudian akan dilanjutkan pada tingkat kota tanggal 22-25 Februari dan rekapitulasi di tingkat provinsi pada 25-27 Februari 2017.

Sedangkan data yang dijadikan hasil resmi oleh KPU DKI adalah hasil dari Perhitungan secara manual. (pr/ant)

Comments

comments