DPRD Madiun Peringati Hari Pers Nasional Bersama Wartawan

oleh -
Hari Pers Nasional

Madiun (sororindonesia.com) – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 71 dilaksanakan secara sederhana di DPRD Kabupaten Madiun. Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Madiun dan segenap unsur pimpinan serta Insan Pers. Sabtu (11/2/17).

Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun, Hadi Sutikno, mengatakan bahwa Pihak Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman Wartawan memenuhi undangan peringatan HPN 2017. “Ini merupakan kehormatan bagi kami atas kedatangannya dalam peringatan HPN ini,” ujar Hadi Sutikno.

Pelaksanaan HPN ini sangat penting dalam program DPRD Kabupaten Madiun. Selain itu kerjasama dengan Insan Pers sangat penting agar masyarakat tahu apa kinerja DPRD Kabupaten Madiun. “Kita akui bahwa banyak informasi dari DPRD yang belum diketahui oleh masyarakat, maka dari itu kita ingin lebih erat lagi jalinan kerjasama dengan insan pers sehingga apapun program dari DPRD Kabupaten Madiun bisa diketahui masyarakat,” tegasnya.

Sementara, Perwakilan dari Wartawan, Siswo Widodo, mengatakan mewakili Wartawan yang ada di Kabupaten Madiun memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada DPRD Kabupaten Madiun yang mau memberikan tempat dan waktu sehingga pelaksanaan HPN bisa berjalan dengan lancar.

Dijelaskan, terkait dengan kerjasama yang perlu ditingkatkan, diberitahukan bahwa tugas dari Wartawan adalah memberitakan agar masyarakat tahu segala hal. “Tidak diperintah pun, mencari dan memberitakan itu memang menjadi tugasnya,” terang Siwo Widodo.

Sekedar memberitahukan, polemik dengan lahirnya HPN yang saat ini dilakasnakan masih menjadi perdebatan. Namun perdebatan ini sedikit mereda karena diambilnya tanggal 9 Februari ini sudah sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI.

Kegaduhan terkait dengan isu dan berita yang beberapa waktu lalu mencuat tentang verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers, diharapkan bisa disikapi dengan bijaksana oleh Pemerintah dan Lembaga DPRD Kabupaten Madiun “Sampai saat ini Dewan Pers masih verifikasi, jadi masih ada kelanjutannya, tidak berhenti sampai disitu,” tegas Wartawan senior di Madiun.

Tetang Uji Kompetensi Wartawan, Siswo Widodo meminta Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun sedikit luwes menghadapi teman-teman Wartawan. “Ambil kebijakannya saja sehingga tidak terjadi gesekan antara DPRD Kabupaten Madiun dengan Teman Wartawan,” lanjutnya.

Saat memberikan keterangan, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Djoko Setijono mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional ke 71, semoga pada peringatan HPN ini bisa bermanfaat dan bisa menjalankan tugas sesuai dengan tugas masing-masing.

Peringatan HPN ini merupakan bentuk penghoatan pada profesi pers. Di era keterbukaan ini, pihaknya mengharapkan kerjasama yang baik. Dilanjutkan pihaknya sangat menghormati apakah Wartawan yang ngepos di DPRD Kabupaten Madiun sudah verifikasi ataupun UKW. “Sifatnya normatif baik dilapangan maupun kantor yang penting sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Madiun.

Ditegaskan, kedepan diharapkan kerjasama ini akan ditingkatkan, DPRD Kabupaten Madiun tetap welcome. Sinergitas ini diharapkan akan terus ada. “Saya berharap apabila ada berita yang kontra produktif diminta wartawan untuk berkomunikasi terlebih dahulu demi kepentingan masyarakat luas,” pinta Djoko Setijono.

Pihaknya tidak membatasi kinerja Wartawan, namun pihaknya harus selektif dengan kehadiran Wartawan karena begitu banyaknya Wartawan yang ada di Kabupaten Madiun. “Semua kita serahkan pada paguyuban Wartawan untuk menyeleksi,” tegasnya.

“Kami Ketua DPRD dan segenap pimpinan mengucapkan selamat HPN ke 71, kedepan kita tingkatkan lagi kerjasama ini,” pungkasnya. (and)




Comments

comments