DISTANIKAN Mura Latih 31 Penyuluh Pertanian Untuk Kembangkan Usaha Karet Rakyat

oleh -
Penyuluh Pertanian
Kegiatan Pelatihan Bagi 31 Penyuluh Pertanian Yang Berasal Dari 10 Kecamatan Yang ada Dikabupaten Murung Raya, Rabu (12/4/17)

Murung Raya, sorotindonesia.com РDinas Pertanian dan Perikanan (DISTANIKAN) mengadakan penyuluh pertanian untuk mengembangkan usaha karet rakyat. Kegiatan Pelatihan diikuti oleh 31 Penyuluh dari beberapa kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah (12/4)

Karet merupakan salah satu komoditi pertanian andalan yang ada di indonesia dan merupakan sumber penerimaan devisa negara yang cukup penting. Indonesia adalah negara penghasil karet terbesar kedua di dunia setelah Thailand, namun yang jadi masalah yang sampai saat ini belum ada pemecahannya adalah mutu bokar Indonesia masih belum seperti yang diharapkan.

Kabupaten Murung Raya mempunyai luas wilayah yang cukup banyak, dan salah satunya perkebunan karet rakyat, dan permasalahannya juga sama yaitu mutu atau kualitas dari produksi karet rakyat tersebut sehingga untuk harga selalu ditekan oleh oknum-oknum pembeli hasil produksi petani yang biasa disebut tengkulak. 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Kebun Entris Desa Tahujan Ontu Kecamatan Tanah Siang Selatan, milik Distanikan Kab. Mura bertempat di aula pertemuan. Rencananya kegiatan ini akan ditutup pada Kamis 13 April 2017.

Agung selaku fasilitator dalam kegiatan Pengembangan Usaha Karet Rakyat mengatakan, “Saya membagiakan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki, yang utama adalah memberikan pengetahuan dan kemampuan komunikasi bagi 31 penyuluh yang ada di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Murung Raya baik berbentuk komunikasi verbal dan non verbal”, katanya.

“Sehingga nantinya diharapkan kepada para penyuluh pertanian ini dapat nenyampaikan ilmu yang mereka dapatkan dan berkomunikasi dengan masyarakat petani karet yang ada di Kabupaten Murung Raya agar dapat memproduksi bahan olah karet (bokar) bersih, sehingga mendapatkan mutu bokar yang diharapkan pasar atau pembeli karet”, pungkas Agung.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya melalui Distanikan Mura untuk memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat Murung Raya secara keseluruhan dan petani karet di setiap desa khususnya. (yud)

Comments

comments