Disparbud Jabar Akan Gelar Pasanggiri Seni Tari, Musik, dan Teater tingkat Jabar, April – Mei 2016

tari_rampak_gendang_jawa_barat

Untuk wilayah Priangan I, Pasanggiri sen Tari, Musik dan teater digelar di Balai Pengelolaan Taman Budaya Jabar, 13 – 14 April 2016. Sementara untuk Wilayah Bogor di gedung Kesenian Kamung Gading, Kota Bogor 19 – 20 April, Cirebon digelar di Gedung Kesenian Larasantang Kota Cirebon, 27 – 28 April, wilayah Priangan II digelar di gedung kesenian Dadaha Kota Tasikmalaya, 11- 12 Mei 2016, dan wilayah Karawang digelar di Kampung Budaya Kabupaten Karawang, 18 – 19 Mei 2016.

Jabar—DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat kembali menggelar Pasanggiri Seni Tari, Musik, dan Teater tingkat Jabar, mulai April – Mei 2016.

“Sementara untuk malam final pasang giri seni tari, musik dan teater ini akan digelar di Gedung Kesenian Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, 28 – 29 Mei 2016,” ungkap Kepala Dinas pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Drs Nunung Sobari melalui Kepala Bidang Kesenian Disparbud Jabar, Eddy Setiadi di kantornya, Selasa (12/4/2016).

Eddy menyebutkan, pasanggiri ini bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi kreatifitas seni tari, musik, dan teater kabupaten kota yang ada di Jawa Barat.

“Pada kegiatan ini, seniman bisa berkreativitas sebebas mungkin, dan juga bisa menambah motivasi bagi para seniman agar lebih kreatif lagi serta menjadi sebuah tantangan buat seniman bisa bersaing di ajang kompetisi ini,” paparnya.

Baca:   Festival Budaya Tira Tangka Balang 2017 Lahirkan Juara Umum Baru

Jika disandingkan dengan pariwisata, Nunung mengatakan, kabupaten/kota bisa menyiapkan kegiatan pasanggiri ini atau kegiatan seni budaya nya ini bisa menarik para wisatawan. Selain melihat obyek wisata, wisatawan juga bisa menyaksikan kekayaan seni budayanya.

“Dengan begitu, harapan kita agar wisatawan betah berkunjung ke Jawa Barat, akan tercapai. Semakin lama mereka berkunjung, akan menambah income baik itu untuk hotel, obyek wisata, restoran, belanja dll,” ujarnya.

Kegiatan Pasanggiri Seni Musik dan Teater ini merupakan yang pertama dari rencana lima kali penyelenggaraan secara marathon di setiap BKPP.

“Tidak kurang dari 60 seniman dari setiap kabupaten kota siap memberikan yang terbaik bagi daerahnya masing-masing. Mereka berharap bisa masuk ke tingkat Jabar yang akan digelar akhir Mei nanti,” katanya.

Untuk wilayah I Priangan ada lima kabupaten kota, yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang. Rencananya wakil Gubernur Deddy Mizwar akan menghadiri pada hari kedua pasanggiri seni tari, musik, dan teater di teater tertutup Taman Budaya Jabar, Kamis (14/4/2016). (gr)

gapuranews.com

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.