Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional

oleh -
daun sembung

Daun Sembung (Capo), tanaman yang banyak hidup di pinggir parit atau selokan ini, memiliki khasiat dan manfaat diantaranya dapat mengencerkan kadar kekentalan darah. Darah kental yang mengandung plak-plak yang dihasilkan dari kolesterol dan lemak darah, memberkas di dinding pembuluh darah. Dengan meminum secara teratur intisari dari ekstrak daun sembung, dapat membantu mengencerkan darah, sehingga peredaran darah lancar. Manfaat lainnya, daun sembung sebagai obat tradisional.

“Daun Sembung” disebut juga daun capo, ternyata memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan pengobatan secara tradisional. Apa yang umum kita lakukan pada saat mendadak terkena sakit ringan seperti flu? Bersin-bersin dan sakit kepala yang hebat melanda, disertai batuk berdahak yang membuat tenggorokan sakit. Bila sedang mengalami perihal tersebut, umumnya kita akan selekasnya mencari persediaan obat yang kita simpan, mungkin di lemari ataupun di kotak obat khusus.

Kita mengkonsumsi kapsul itu ataupun meminum larutan obat yang sudah diketahui jitu untuk mengobati flu. Hal itu memanglah cara yang pas untuk menanganinya, tetapi mengerti kah Anda kalau ada obat alami yang juga ampuh untuk menangani flu? Tumbuhan tradisional ini sudah teruji khasiatnya dari semenjak jaman nenek moyang kita, ialah daun sembung atau yang memiliki nama lain daun capo.

Bisa jadi ada banyak dari Anda yang belum mengenali apa itu daun sembung. Daun capo mempunyai nama ilmiah Blumea balsamifera dan termasuk tanaman perdu atau semak. Biasanya daun ini tumbuh liar di dataran-dataran rendah dan tersebar d Indonesia dan seluruh Asia tenggara. Tidak hanya nama sembung, di Indonesia tumbuhan ini memiliki beragam sebutan. Di Sunda, orang menyebutnya sembung utan, di Madura nama yang dikenal adalah kamandhin, di Sumatra, capa atau capo lebih dikenal, sementara di Ternate, sembung disebut dengan apompaseatau mandikapu. Apa saja manfaat dari daun sisik naga? Simak penjelasan berikut ini

Comments

comments

Tentang Penulis: baihaqi

"katakan yang benar meskipun pahit akibatnya.."

One thought on “Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.